Minimarket Ritel Modern Harus Bantu Pasarkan Produk UMKM

MENINJAU : Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Tegal Suspriyanti meninjau kelengkapan toko saat peresmian pembukaan minimarket D’Mart di Desa Dukuhlo, Kecamatan Lebaksiu. (BeeNews.id/Humas Pemkab Tegal)

LEBAKSIU – Selain untuk mendorong laju pertumbuhan ekonomi, pembangunan minimarket berkonsep ritel modern diharapkan mampu membantu pemasaran produk UMKM lokal.

Pernyataan ini disampaikan Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Tegal Suspriyanti saat meresmikan pembukaan minimarket D’Mart di Desa Dukuhlo, Kecamatan Lebaksiu, Kamis (01/12/2022).

Suspriyanti mengungkapkan, minimarket yang dibangun dari dana desa dan dikelola oleh badan usaha milik desa (BUMDes) Gema Berkah ini diminta tidak sekadar menjual produk pabrikan semata.

Keberadaannya diharapkan juga mampu menjual dan mempromosikan produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), terutama dari pelaku usaha yang berlokasi di sekitarnya.

“Saya menyambut baik kehadiran minimarket ini sebagai representasi pertumbuhan ekonomi di Desa Dukuhlo dan semoga berkahnya tidak hanya untuk masyarakat Desa Dukuhlo tapi untuk masyarakat lainnya juga,” kata Suspriyanti.

Ia pun berharap D’Mart bisa menjadi mitra usaha yang saling menguntungkan bagi pelaku UMKM. Sehingga seiring berkembangnya UMKM setelah dibantu pemasarannya oleh D’Mart, maka pelaku UMKM tersebut akan berbelanja barang-barang kebutuhannya, termasuk bahan baku produksi dari D’Mart yang menjadi mitranya.

Lebih lanjut, guna meningkatkan daya saing dan keberlanjutan usahanya, selain faktor kelengkapan barang yang dijual dan harganya yang bersaing, minimarket ini juga harus dikelola profesional seperti menjual produk halal dan tidak kedaluwarsa untuk makanan maupun minuman serta menawarkan kemudahan pembayaran nontunai, baik e-money maupun QRIS.

“Selain itu, pelayanan yang cekatan dan ramah dari petugas kasir juga sangat mempengaruhi imej toko ini. Ada kesan yang akan selalu diingat konsumen dan membuatnya mau datang lagi ke sini,” ujarnya.

Menutup sambutannya, Suspriyanti menekankan perlunya BUMDes Gema Berkah ini memiliki status badan hukum sebagai legal standing untuk memudahkannya bekerja sama dengan pihak lain.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Desa Dukuhlo Kusnadi menuturkan salah satu inovasi pemasaran D’Mart adalah layanan pesan antar, di mana konsumen dapat memesan barang melalui pesan percakapan WhatsApp.

Advertisements

“Kami berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik dengan membuka layanan pesan antar ke rumah konsumen. Jadi kalo mau beli tinggal buat daftar pesanan lewat WA (whatsapp) lalu kita antar ke rumahnya,” kata Kusnadi.

Ke depannya, pihaknya berencana melebarkan sayap bisnisnya dengan menjual kebutuhan pertanian seperti pupuk, obat tanaman, dan perlengkapan pertanian lainnya mengingat hampir 50 persen warganya berprofesi sebagai petani.
(Red2/Perbelanjaan)

Editor : Irene Indah

TAG :, , ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 115,294