KKN Undip, Peduli Sampah dan Pendidikan

MENINGKATKAN : Re-opening TBM dimeriahkan lomba mewarnai untuk TK dan PAUD, lomba menyanyi dan puisi untuk anak SD. Lomba selain untuk lebih mengenal keberadaan TBM juga untuk meningkatkan kreatifitas, inovasi, dan kepercayaan diri anak-anak di Desa Sigambir. (BeeNews.id/Dinkominfotik Brebes)

BREBES – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang dalam melancarkan aksinya menguatkan kepedulian pada bidang pendidikan dan sampah. Mereka berpandangan dengan lingkungan yang bersih dan peningkatan pendidikan akan meningkat derajat kesehatan dan pendidikan khususnya di Desa Sigambir, Kec. Brebes Kabupaten Brebes.

“Kami harus berbuat nyata untuk mewujudkan desa yang mandiri dan smart,” tutur salah seorang peserta KKN Dwipangga saat ditemui di Posko KKN Undip di Desa Sigambir, Kec Brebes, Selasa (4/2/2023).

Dalam aksinya, Mahasiswa KKN dan Pengurus Taman Baca Masyarakat (TBM) Lentera Ilmu merevitalisasi dan re-opening atau pembukaan kembali TBM Lentera Ilmu Desa Sigambir.

Dengan dibukannya kembali TBM diharapkan dapat menjadi wadah bagi anak-anak Desa Sigambir untuk meningkatkan minat baca mereka sebagai bekal menghadapi tantangan di masa depan.

“Lombanya seru dan acaranya asik.” kata salah satu peserta Muhammad Zidan Maulana.

Pj Kepala Desa Sigambir Gunawan Priyo Utomo menjelaskan, awalnya TBM dirintis pemuda setempat sejak 2019. TBM dikelola oleh Pengurus TBM Lentera Ilmu dan perangkat Pemerintah Desa Sigambir untuk pengelola gedungnya.

Dalam perjalanan waktu, TBM Desa Sigambir sempat menghadapi beberapa kendala, seperti pandemi covid-19, minimnya buku-buku bacaan, dan rendahnya minat baca masyarakat akibat kalah saing dengan kemajuan teknologi informasi.

“Namun yang lebih berat adalah kendala Pandemi covid-19 yang menghambat mobilitas seseorang sehingga TBM vakum,” ungkap Gunawan.

Saat peresmian kembali, perangkat Desa Sigambir, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan (Dinarpus) Kab. Brebes, tokoh masyarakat dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat.

Aksi lain yang dilakukan Mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP 2022/2023 Desa Sigambir yang berkontribusi dalam kerja bakti massal membersihkan lingkungan Desa Sigambir, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes.

Advertisements

Setiap hujan besar, Desa Sigambir dilanda banjir dan genangan air, hal ini disebabkan banyak tumpukan sampah dan tersumbatnya saluran drainase. Maka Mahasiswa KKN berkolaborasi dengan Karang Taruna Resika Desa Sigambir, TNI-Polri Kecamatan Brebes dan masyarakat setempat menggelar kerja bakti masal. (Red4/Pendidikan)

Editor: Nur Hayati

TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 112,354