Tips Mudik Bagi Pengguna Motor Supaya Aman Sampai Kampung Halaman

TRADISI : Mudik merupakan tradisi pulang kampung yang sudah turun temurun yang dilakukan saat jelang Hari Raya Idul Fitri. (BeeNews.id/doc)

TEGAL – Hampir setiap kali momen jelang lebaran, pemudik pasti membludak di jalanan sepanjang kota tujuan, baik pemudik yang menggunakan transportasi umum maupun kendaraan pribadi.

Diantara pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, mobil misalnya ada juga pemudik yang menggunakan sepeda motor.

Padahal, kendaraan roda dua bukan moda transportasi yang dianjurkan digunakan bepergian dalam jarak jauh. Namun tampaknya arahan dari pemerintah ini tidak diacuhkan oleh para pemudik yang menggunakan sepeda motor.

Bahkan pemudik yang menggunakan sepeda motor terus bertambah dari tahun ke tahunnya.

Berikut ini tips untuk pemudik yang menggunakan sepeda motor selamat dan aman sampai kampung halaman :

1. Pastikan Kendaraan Nyaman

Kenyamanan saat berkendara ini mempengaruhi seberapa lama kamu mampu bertahan di atas sepeda motor. Paling tidak sesuaikan kapasitas motor, barang bawaaan dan postur tubuh, perhatikan posisi duduk.

Kebiasaan ini dapat membantuk lengan bertumpu dan menegang, sehingga memberikan efek tidak nyaman dan menimbulkan kelelahan saat menempuh jarak yang jauh.

2. Ketahui Jarak yang di tempuh dan tentukan waktu istirahat

Persiapkan semuanya dengan matang, salah satunya memperkirakan jarak yang ditempuh apakah dapat disesuaikan dengan kondisi tubuh. Misalnya, kamu akan menempuh jarak 500 kilometer dalam sehari.

Pastikan dalam jarak tersebut disempatkan untuk istirahat atau setidaknya setiap 2,5 jam sekali istirahat, hal ini dapat membuat kamu lebih rileks dan tidak mudah kelelahan saat mudik naik motor.

3. Kenakan perlengkapan berkendara yang tepat

Kostum saat berkendara memainkan peranan besar dalam menjaga kenyamanan pengendara sepeda motor. Apa yang dikenakan pengendara, juga dapat memengaruhi staminanya.

Advertisements

Gunakan pakaian atau perlengkapan yang tepat, mulai dari helm dengan standarisasi lengkap, pelindung tubuh seperti jaket anti-angin hingga sarung tangan khusus mengemudi untuk mencegah tangan berkeringat atau selip.

4. Latihan khusus untuk tingkatkan stamina

Jangan berharap jadi pengendara tangguh untuk berkendara jarak jauh hanya tanpa adanya persiapan dari segi stamina. Tubuh perlu dilatih agar tidak mudah lelah saat berkendara.

Misalnya dengan berkendara berturut-turut secara bertahap dalam jarak tertentu. Setiap kilometer yang ditempuh, amati tingkat kenyamanan saat berkendara agar saat mudik nanti kondisinya bisa disesuaikan.

5. Menjaga kesehatan

Sebagai langkah persiapan awal mudik naik motor, menjaga kesehatan merupakan satu hal yang utama. Pastikan makan sehat, biasakan olahraga agar tubuh memiliki otot dan punggung yang kuat, kedua hal ini penting untuk menopang tubuh saat naik motor dalam waktu lama.

6. Rencanakan rute yang paling tidak melelahkan

Menemukan rute yang tidak terdapat banyak rambu lalu lintas memungkinkan stamina kamu bisa bertahan lebih lama. Rambu lalu lintas seperti lampu merah membuat kamu sering menurunkan kaki atau mengubah postur saat berkendara.

Hal ini bisa membuat kamu cepat lelah dan pegal, ini merupakan strategi perencanaan yang perlu dipersiapkan dengan matang. Usahakan hindari rute yang melewati kota, terutama pada jam sibuk berangkat atau pulang kantor.

7. Cari teman untuk berkendara

Kesepian saat berkendara juga dianggap sebagai penyebab kelelahan ketika menempuh perjalanan jauh. Mengajak seseorang untuk berkendara atau mudik bareng merupakan cara yang tepat biar sepanjang jalan kamu tidak merasa kesepian.

Tapi ketika membawa partner di belakang, sering-seringlah bertanya pada mereka. Karena biasanya orang yang dibonceng justru lebih mudah merasa lelah dibandingkan kamu yang mengendarai motor.

(Red2/Umum)

Editor : Irene Indah

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 119,385