Februari Diprediksi Jadi Puncak Musim Penghujan, Waspadai Bencana Alam

MENGIMBAU : Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal Jaenal Dasmin mengimbau kepada warga masyarakat yang tinggal di dataran tinggi seperti Kecamatan Jatinegara, Bumijawa, dan Bojong untuk selalu waspada. (BeeNews.id/Humas Pemkab Tegal)

SLAWI – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal Jaenal Dasmin mengingatkan warganya untuk waspada terhadap datangnya bencana alam di musim penghujan ini.

Pernyataan tersebut disampaikan Jaenal saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (04/02/2022) pagi.

Menurutnya, warga harus tetap waspada dan berhati-hati ketika musim penghujan tiba. Terlebih, intensitas hujan di bulan Februari ini cukup tinggi.

Bahkan menurut prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), puncak musim penghujan ada di bulan Februari.

Pasalnya, daerah tersebut memiliki kondisi topografi lereng berupa pegunungan, perbukitan dan aliran sungai yang deras sehingga menjadikan kawasan tersebut rentan terjadi bencana, salah satunya tanah longsor.

“Kewaspadaan dini juga harus dimiliki warga yang tinggal di sepanjang daerah aliran sungai di dataran rendah. Karena limpasan air yang melimpah dari hulu juga bisa berakibat meluapnya sungai dan berakibat banjir,” kata Jaenal.

Selain tanah longsor, bencana lainnya yang sering terjadi saat musim penghujan adalah banjir, angin kencang dan tanah bergerak pada sejumlah titik di wilayah Kabupaten Tegal.

Tercatat dari data yang diterima pihaknya per tanggal 1 Januari – 3 Februari ini sudah ada 20 kejadian bencana, seperti tanah gerak di Desa Padasari, Kecamatan Jatinegara yang mengakibatkan 54 rumah mengalami kerusakan.

Disusul kejadian banjir di Desa Pakulaut, Kecamatan Margasari dan rumah rusak akibat angin kencang di Desa Danasari, Kedawung, dan Kajenengan di Kecamatan Bojong dan di Desa Traju, Kecamatan Bumijawa.

Terkait dengan itu, Jaenal pihaknya siap memberikan bantuan penanganan tanggap darurat seperti tenaga lapangan dan bantuan logistik seperti mie instant, sarden, air mineral, dan beras.

Advertisements

Sementara untuk rumah rusak akibat angin kencang, pihaknya siap memberikan bantuan berupa asbes, triplek, seng, kayu dan paku untuk penanganan kedaruratan.

Jaenal pun mengimbau masyarakat Kabupaten Tegal bisa menyimpan kontak telepon darurat Pusat Pengendalian Operasi dan Penanggulangan Bencana (Pusdalop) Kabupaten Tegal di nomor 08112929116.

“Ini layanan kebencanaan yang siaga 24 jam. Sehingga jika sewaktu-waktu masyarakat mengalami kejadian bencana alam, silahkan hubungi nomor tersebut,” pungkasnya.
(Red2/Umum)

Editor : Irene Indah

TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 115,299