Tanggul Darurat Dibangun Pasca Longsornya Tebing di Terlaya Bantarkawung Brebes

DARURAT : Proses pembuatan tebing darurat di Desa Terlaya Bantarkawung Brebes menggunakan bahan bamboo guna mencegah longsor dadakan.(BeeNews.id/ZuhudBudiaji)

BREBES – Pasca bencana tanah longsor, warga masyarakat Desa Terlaya Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes Jawa Tengah membangun tanggul Darurat. Pembangunan tanggul tersebut menggunakan bahan bamboo yang dibantu oleh BPBD, Dinas PU, dan TNI.

Warga Dukuh Secang Desa Terlaya membuat kembali tanggul darurat dari bambu (pagar bambu). Sebagai penopang apabila terjadi longsor lanjutan dengan menggunakan karung yang berisikan tanah.

“Sekitar pukul 19.00 WIB setelah wilayah Desa Terlaya diguyur hujan deras, tebing setinggi 7 meter di Dukuh Secang longsor tadi malam,” ujar Peltu Diono Bati Tuud Koramil 12 Bantarkawung Kodim 0713 Brebes.

Lanjutnya, untuk lebar longsor sendiri mencapai kurang lebih 5 meter, tepatnya di tebing belakang rumah Nur Hamid.

“Dapur rumah Pak Nur Hamid juga ikut terbawa longsor, upaya penanganan harus segera kita lakukan sehingga tidak mengancam rumah yang bersangkutan dan beberapa rumah di sekitarnya,” sambungnya.

Sementara itu Kepala Desa Terlaya Papuhroji, mengapresiasi kepada pihak terkait atas respon terhadap kesulitan sejumlah warganya yang berada di tepian tebing tersebut.(Red3/Umum)

Editor : Irene Indah

TAG :, , , , ,

Leave a Reply

Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 51,792