Tahu Campur Pekalongan yang Legendaris

SABAR : Saat akan mencicipi lezatnya tahu campur khas pekalongan yang legendaris ini, harus sabar dan siap antri. Tetapi akan terbayar dengan kelezatan dan bumbu kacang khasnya.(BeeNews.id/N.Hidayah)

PEKALONGAN – Tahu Campur Pekalongan adalah salah satu hidangan tradisional khas dari Pekalongan, Jawa Tengah. Hidangan ini merupakan kombinasi dari berbagai bahan.

Bahan-bahan yang digunakan seperti tahu goreng, lontong (nasi yang dipadatkan dan dipotong-potong), serta berbagai sayuran segar seperti tauge dan selada.

Terkadang, tahu campur juga dilengkapi dengan tambahan daging atau jerohan sapi untuk menambah kelezatan. Tetapi tanpa menggunakan bahan tambahan tersebut juga sudah lezat rasanya.

Bumbu utama yang digunakan dalam tahu campur Pekalongan adalah bumbu kacang yang kaya rasa. Bumbu kacang tersebut dibuat dari kacang tanah, bawang putih, cabai, dan beberapa campuran bumbu-bumbu lainnya.

Selain itu, kecap manis sering ditambahkan untuk memberikan sentuhan manis dan gurih pada hidangan ini. Beberapa variasi bumbu kacang mungkin juga menggunakan petis, yang merupakan pasta fermentasi dari udang atau ikan, untuk memberikan rasa yang lebih kompleks.

Salah satu pedagang grobagan yang sudah 40 tahun menjual tahu campur di kota Pekalongan yang terkenal legendaris yaitu berada di Jl KH. Mansyur Pekalongan, dari rel kereta api Bendan mau sedikit, lalu sebelah kiri terdapat Indomaret, grobagan tersebut berada di seberang jalan.
(Red2/Kuliner)

Editor : Indah Setiawati

TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 118,409