Stop Jadi Orang Gak Enakan! Ini 5 Cara Cerdas Berhenti Jadi People Pleaser

VALIDASI : People pleaser merupakan orang yang selalu membutuhkan validasi dari orang lain. People pleaser kerap kali menempatkan kepentingan orang lain dibandingkan diri sendiri. (BeeNews.id/doc)

TEGAL – People pleaser dapat didefinisikan sebagai adanya rasa atau keinginan dari seseorang untuk selalu menyetujui apa yang orang lain minta, karena takut mengecewakan orang lain. Seorang people pleaser akan takut menolak terhadap ajakan atau keinginan orang lain.

Dengan menjadi people pleaser memang akan menghindarkan kita dari terjadinya konflik dengan orang lain. Namun, lama-kelamaan kamu akan merasa lelah dan tidak bahagia akibat selalu menyanggupi keinginan orang lain.

Seorang people pleaser juga cenderung akan lebih berfokus pada kebahagiaan orang lain dibandingkan diri sendiri. Mulai saat ini, kamu harus mulai untuk memprioritaskan kebahagiaan diri kamu sendiri dibandingkan orang lain.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk berhenti menjadi seorang people pleaser.

1. Kamu harus membuat batasan sendiri

Seorang people pleaser mungkin tidak menyadari bahwa mereka seharusnya memiliki batasan yang harus dibuat di hidup mereka. Kamu bisa mulai untuk membuat list mengenai hal-hal yang kamu lakukan untuk orang lain yang membuatmu tidak bahagia.

2. Kamu harus berani berkata tidak, dan berani menolak ajakan orang lain

Seorang people pleaser pasti tidak berani berkata “tidak” terhadap orang lain. Ketika dimintai pertolongan, seorang people pleaser akan selalu berkata “ya”.

Berkata “tidak” bukan berarti kamu egois, akan tetapi itu artinya kamu mulai memperhatikan kebahagiaanmu sendiri.

3. Kamu harus ikuti kata hatimu

Jika kamu ingin berhenti menjadi people pleaser, maka kamu harus ikuti kata hatimu. Kata hatimu mungkin akan mengatakan bahwa orang tersebut tidak worth it untuk waktu dan energimu yang kamu habiskan dengannya.

4. Kamu harus ingat bahwa kamu tidak bisa menyenangkan semua orang

Kamu harus mulai berperilaku apa adanya saja, sebab orang yang menyukaimu akan benar-benar menghargai dirimu yang sebenarnya.

5. Kamu harus memprioritaskan dirimu dibandingkan orang lain

Kunci kebahagiaan diri sendiri adalah harus mulai berfokus pada hal-hal yang membuat diri sendiri bahagia. Kamu harus memprioritaskan kebahagiaan sendiri dibandingkan kebahagiaan orang lain.

Advertisements

Kamu juga harus berani menolak apa yang membuatmu tidak bahagia. Berhenti memikirkan kebahagiaan orang lain, hanya fokuslah pada kebahagiaan diri sendiri.

Itu tadi cara agar kamu bisa berhenti menjadi seorang people pleaser. Sejatinya, kebahagiaan yang sejati adalah kebahagiaan diri sendiri.
(Red2/Psikologi)

Editor : Irene Indah

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 115,334