Inilah Fakta Anak Pertama Dalam Keluarga

TANTANGAN : Anak pertama umumnya memiliki pengetahuan dan pengalaman yang lebih luas daripada saudara-saudaranya. Karena ia seringkali dihadapkan pada berbagai tantangan dan rintangan yang memerlukan usaha lebih untuk diatasi di jalur kehidupannya. (BerNews.id/Zuhud)

BREBES – Banyak sekali fakta anak pertama yang harus kamu ketahui. Anak pertama memiliki daya tarik yang khas dari pada dengan saudara-saudaranya dan umumnya ia memiliki kelebihan dan kekurangan yang khas pula.

Fakta anak pertama sangat banyak seperti anak-anak lainnya. Fakta kali ini yang akan kita bahas adalah tentang watak, sifat dan kepribadian anak pertama.

Apakah kamu juga anak pertama ? Apakah kamu akan cocok dengan fakta-fakta yang ada di bawah ini ?

Benar bahwa setiap anak, apakah ia anak pertama, tengah, atau bungsu, memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Anak pertama umumnya diasosiasikan dengan kepemimpinan dan kemandirian, sedangkan anak tengah cenderung memiliki kreativitas dan fleksibilitas yang lebih tinggi.

Anak pertama dilahirkan tanpa memiliki seorang kakak yang dapat menjadi mentornya. Ketika orangtua sibuk bekerja, anak pertama akan menghabiskan beberapa tahun awal hidupnya sendirian sebelum adik-adiknya dilahirkan.

Hal tersebut membuat anak pertama terbiasa untuk menjelajahi dan menghibur diri sendiri. Kebiasaannya untuk sendiri membuatnya lebih mandiri, tidak bergantung pada orang lain, serta cenderung menciptakan ide-ide orisinal.

Anak pertama akan banyak belajar dari pengalaman hidupnya, dan kemudian ia cenderung untuk membagikan pengalaman-pengalamannya dengan adik-adiknya agar mereka tidak mengalami kesulitan yang sama seperti yang pernah ia alami.

Di dalam keluarga, anak pertama seringkali terlihat lebih cerdas dibandingkan dengan adik-adiknya. Hal ini disebabkan oleh kebiasaan anak pertama untuk belajar secara mandiri, dan cenderung menjadi seorang pembelajar yang alami karena ia lahir terlebih dahulu.

Karena sifat mandiri yang mereka miliki, anak pertama seringkali menjadi harapan dan kepercayaan utama keluarga. Hal tersebut disebabkan oleh sifat kepemimpinan yang dimilikinya dan kemampuannya untuk memberikan contoh yang baik bagi adik-adiknya.

Fakta anak pertama memiliki sifat egois dan keras kepala, namun terkadang menjadi anak pertama dapat membuat seseorang merasa penting dan sulit menerima masukan atau kritik dari orang lain. Meskipun demikian, sisi lain sifat tersebut, banyak anak pertama yang sangat perhatian dan peduli terhadap orang lain, terutama saudara-saudaranya.

Advertisements

Demikian pembahasan mengenai fakta anak pertama dalam keluarga. Apakah kamu anak pertama yang masuk dalam kategori di atas ?
(Red3/Psikologi)

Editor : Nur Hayati

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 118,408