Status Pencarian Eril di Swiss Berubah, Keluarga Ridwan Kamil Ikhlas Eril dinyatakan Meninggal Dunia

STATUS : Kakak Kandung Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman saat memberikan keterangan pers di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jawa Barat, tentang status pencarian Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) di Sungai Aare, Bern, Swiss berubah dari semula mencari orang hilang menjadi korban tenggelam dan dinyatakan meninggal dunia. (BeeNews.id/doc)

BANDUNG – Kakak dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman, memastikan pencarian keponakannya atau putra sulung dari sang adik, Emmeril Khan Mumtadz (Eril) tidak akan berhenti. Meski, keluarga besar sudah ikhlas, dan Eril dinyatakan meninggal dunia di Sungai Aare, Bern, Swiss.

“Bukan berarti pencarian berakhir, adik saya (Elpi Nazmuzzaman) akan dibantu KBRI di Swiss untuk memastikan pencarian berlanjut sampai demgan Eril ditemukan,” tegas Erwin saat jumpa pers daring, Jumat (3/6/2022).

Erwin menjelaskan, Elpi saat ini sudah berada di Swiss untuk melanjutkan ikhtiar pencarian.

Menurut Erwin, keberadaan Elpi untuk menggantikan peran dari Ridwan Kamil dan istri, agar mereka dapat kembali ke Indonesia dan mendapat pelukan hangat dari keluarga besar.

“Hal itu dilakukan agar Kang Emil dan Teh Lia bisa kembali ke tanah air, sehingga bisa kembali ke keluarga besar untuk saling menguatkan,” jelas Erwin.

Erwin meminta, kepada para khalayak, kerabat dan siapa pun untuk dapat memberikan ruang saat Ridwan Kamil sampai di Indonesia. Dia berharap, sang adik dapat mendekatkan diri kepada keluarga dulu sebelum akhirnya kembali sebagai pejabat publik.

“Kita bisa membayangkan apa yang dialami Kang Emil dan Teh Lia, oleh karena itu kami mohon maaf dan pengertian jika mereka untuk bersama keluarga besar terlebih dulu diberikan waktu sementara terhadap mereka hingga nantinya bisa memberi pernyataan resmi terkait hal ini,” Erwin menutup.

Keluarga Ridwan Kamil menyatakan bahwa Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril telah meninggal dunia, usai sebelumnya hilang terseret arus di Sungai Aree, Swiss.

Hal itu berdasarkan upaya pencarian oleh pemerintah Swiss selama hampir sepekan.

“Tadi disampaikan otoritas setempat sudah menggunakan pencarian yang spesifik untuk mencari jenazah. Oleh karena itu Kang Emil dan Bu Atalia sudah menyampaikan mereka ikhlas dan menyakini bahwa Emmeril Kahn Mumtadz sudah wafat berpulang ke Rahmatullah karena tenggelam,” ujar Erwin Muniruzaman selaku perwakilan keluarga saat memberikan pernyataan di Gedung Negara Pakuan, Bandung, Jumat (3/6/2022).

Advertisements

Usai dinyatakan wafat, pihak keluarga juga telah berkonsultasi dengan MUI Jawa Barat untuk menunaikan hak Eril yang meninggal sebagai seorang muslim, yakni disalatkan.

“Kami langsung berkonsultasi dengan MUI Jabar menyampaikan situasi dan meminta nasihat langsung, selanjutnya dimana dalam hal ini adalah memberikan menunaikan hak almarhum Eril sebagai muslim yaitu disegerakan disalatkan manakala wafat,” tutup Erwin.
(Red2/Umum)

Editor : Irene Indah

TAG :, , ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 63,096