Sekolah Kardinah Resmi DiLaunching

INOVASI : Wali Kota Tegal Dedy berharap dengan adanya inovasi sekolah Kardinah bisa diimplementasikan dengan baik dan maksimal, dengan mempersiapkan sarana dan prasarana yang terbaik. (BeeNews.id/Humas Pemkot Tegal)

TEGAL – Launching “Sekolah” Kardinah berlangsung di Taman Bermain dan Pojok Baca RSUD Kardinah Kota Tegal, Kamis (12/5) siang. Hadir Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono, Dirjen PAUD DIKDASMEN Kemendikbudristek, Jumeri, Bunda PAUD, Roro Kusnabilla Erfa Dedy Yon.

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan memberi apresiasi kepada Direktur RSUD kardinah dan jajarannya yang terus berinovasi tiada henti, demi memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Kali ini inovasi yang diciptakan bukan hanya tentang pelayanan kesehatan itu sendiri. Tapi juga pelayanan kesehatan yang mengutamakan pendidikan anak-anak. Dengan adanya inovasi sekolah Kardinah, anak anak-anak diharapkan dapat belajar, menambah pengetahuan sembari menumbuhkan jiwa literasi sambil mereka menunggu orang tuanya berobat. Sehingga tidak ada lagi waktu yang berharga terbuang sia-sia. Selain ikut menunggu orang tua berobat, anak-anak tentu mendapat ilmu kesehatan yang bermanfaat bagi dunia anak-anak,” ujar Wali Kota.

“Untuk kedepan saya berharap sekolah kardinah akan terus berkelanjutan dan dapat terus berkembang serta menjadi semakin besar dengan fasilitas yang semakin lengkap. Sekolah kardinah ini tentunya juga harus menjadi pemacu bagi OPD-OPD lain di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal untuk dapat melahirkan inovasi-inovasi lain yang lebih kreatif dan inovatif,’’ujar Wali Kota.

Dirjen PAUD DIKDASMEN Kemendikbudristek, Jumeri menyampaikan bahwa Kemendikbudristek memberi keleluasaan kepada daerah untuk nakal sedikit, untuk nekat sedikit dalam berinovasi.

‘’Itulah hakekat dan makna dari merdeka belajar. Jadi kepada daerah-daerah tentu ini dibawah pimpinan Pak Wali kepada satuan-satuan pendidikan lakukan inovasi meskipun sedikit melanggar ketentuan. Jadi sekolah ini ada izin tertentu tapi karena ini inovasi kita tidak keberatan. Bapak/Ibu kita punya visi menyiapkan generasi emas Indonesia. Jadi ada tiga hal yang diperjuangkan Kemendikbud tentu bersama pemerintah daerah Pak Gubernur, Pak Wali, Bapak/Ibu Bupati untuk memastikan tiga hal itu. Yang pertama akses pendidikan yang tinggi. Yang kedua mutu layanan pendidikan yang makin tinggi. Yang ketiga pemerataan mutu baik dari sisi geografis maupun dari sisi sosial ekonomi,’’ papar Jumeri.

Jumeri juga menambahkan bahwa Kota Tegal merupakan kota yang diberi kepercayaan menjadi pelaksana program sekolah penggerak.

‘’Sudah 2 periode ini dan alhamdulillah tidak ada kasus di sini. Nah sekolah penggerak ini kita inisiasi untuk menjadi katalisator itu menjadi motor perubahan bagi sekolah-sekolah lain yang ada di sekitarnya. Sekolah penggerak itu berasal dari sekolah yang levelnya rendah, menegah sampai baik. Kalau dulu sekolah internasioal atau RSBI dipilih sekolah yang terbaik di Kota Tegal,’’ tambah Jumeri.

Sedangkan Direktur RSUD Kardinah Agus Dwi Sulistyantono dalam laporannya menyampaikan bahwa Sekolah Kardinah menjawab berbagai permasalahan yang ada, termasuk larangan anak di bawah 12 tahun untuk masuk di layanan rumah sakit ketika mereka tidak sedang sakit.

‘’Selama ini hanya ada 2 hal yang terjadi, yang pertama terjadinya pelanggaran tersebut, orang tua berobat anaknya tidak ada yang menjaga di rumah, anaknya diajak. Dan ketika anak diajak di dalam lingkungan yang tidak aman, maka anak akan menjadi terpapar oleh penyakit-penyakit yang ada di lingkungan orang tuanya tersebut. Atau yang kedua, orang tua memilih ketempat yang lain berobat yang tidak menetapkan ketentuan tersebut, padahal di tempat tersebut justru tidak melindungi anak,’’ ujar Agus.

Advertisements

Agus melanjutkan bahwa Kota Tegal adalah kota layak anak sehingga memberikan hak yang terbaik bagi anak. Oleh karena itu kemudian kami menginisiasi kegiatan ini melalui sebuah proyek perubahan yang pada akhirnya nanti tidak hanya sebagai proyek perubahan, tapi sebuah inovasi baru yang mungkin belum ada di rumah sakit seluruh Indonesia.
(Red2/Pendidikan)

Editor : Irene Indah

TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 115,301