Penjelasan Tentang Apa Itu Set Top Box?

STB : Penjelasan mengenai Set Top Box (STB) untuk menjadikan siaran analog menjadi siaran digital. (BeeNews.id/ZuhudBudiaji)

TEGAL – Di tengah gencarnya upaya pemerintah mengkampanyekan migrasi siaran TV digital ke TV Analog, masyarakat kini sering mendengar sebutan perangkat bernama Set Top Box (STB).

Mungkin sudah banyak yang tahu bahwa Set Top Box diperlukan pada TV Analog agar tetap bisa menikmati siaran digital tanpa mengganti televisi baru. amun karena masih terdengar asing, tidak sedikit masyarakat yang bertanya-tanya apa itu Set Top Box dan apa fungsinya pada TV Analog sehingga perlu digunakan?

Set Top Box atau yang disingkat STB memiliki sebutan lain yakni dekoder, receiver dan beberapa kalangan menyebutnya sebagai converter.

Fungsi STB pada TV analog yaitu sebagai alat untuk mengkonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara kemudian ditampilkan ke televisi analog atau tabung. Meski menggunakan Set Top Box, masyarakat tetap membutuhlan antena UHF untuk bisa menikmati siaran digital.

Pasalnya, Set Top Box hanya berfungsi sebagai pengubah sinyal digital menjadi gambar dan suara. Sementara sinyal digital itu sendiri bisa ditangkap dengan menggunakan antena UHF.

Disitulah antena UHF diperlukan, yakni sebagai alat untuk menangkap sinyal digital yang kemudian diubah menjadi suara dan gambar lalu ditampilkan ke TV analog.

Saat ini, berbagai merk STB sudah bisa ditemukan dengan mudah baik di pasar offline maupun online. Satu hal yang perlu diperhatikan ketika membeli Set Top Box, pastikan STB yang dipilih bersertifikat Kominfo agar semua fitur siarannya berfungsi optimal.

Untuk mengetahui tanda Set Top Box bersertifikat Kominfo cukup mudah yaitu:

  1. Pastikan terdapat keterangan “Siap Digital”, gambar pada kemasan STB.
  2. Pastikan ada gambar Moodi di kemasan.
  3. Terdapat keterangan DVB-T2 di kemasan STB.

(Red3/Elektronik).

Editor : Ahmad Wachidin

Advertisements
TAG :, , ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 63,094