Pemda Brebes Bersama TNI/Polri Bantu Warga Pasca Banjir Sungai Babakan Ketanggungan Brebea

KEGIATAN : Usai kegiatan bersama membersihkan lumpur dan air selesai, dilanjutkan berfoto bersama Pj. Bupati Brebes dengan Polres dan Dandim Brebes.(Beenews.id/Zuhud)

BREBES – Ada 4 desa yang terendam banjir akibat meluapnya Sungai Babakan meliputi Desa Karangmalang, Dukuhturi, Padakaton dan Desa Ketanggungan. Bahkan, Jalan Raya Ketanggungan yang merupakan jalan nasional penghubung jalur Pantura dan jalur Selatan terendam banjir setinggi lutut orang dewasa menyebabkan banyak kendaraan terjebak macet.

Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar S.H.M.Hum bersama Komandan Kodim 0713 Brebes Letkol Infanteri Sapto Broto, S.E., M.Si dan Kapolres Brebes yang diwakili Kapolsek Ketanggungan langsung turun ke rumah warga untuk mengevakuasi Fasilitas umum dan tempat ibadah yang terdampak banjir Sungai Babakan Babakan yang berada di Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Bencana itu menyebabkan ratusan rumah di 4 Desa di Kecamatan Ketanggungan, terendam banjir, Kamis (4/1) malam, sekitar pukul 21.00 WIB. Banjir yang datang terus mengalir ke rumah warga hingga dinihari, Jum’at (5/1).

Pj. Bupati Brebes Iwanudin Iskandar, S.H., M.Hum mengatakan saat selesai mengecek tanggul Sungai Babakan, “Saya Prihatin atas musibah bencana alam banjir ini, saya sudah mengecek titik titik lokasi tanggul yang jebol akibat luapan air yang ada di wilayah kecamatan Ketanggungan”. Jelasnya.

Masih kata Iwanudin, Kepedulian TNI dari Kodim 0713 Brebes terhadap masyarakat yang terdampak Banjir ini juga saya sangat mengapresiasi, karena sigap membantu masyarakat bersama semua elemen meringankan beban warga yang terdampak banjir sungai Babakan.

“Mari kita bersama sama untuk saling membantu membersihkan rumah rumah warga yang terdampak pasca banjir semalam, dengan kejadian banjir ini semoga ada hikmahnya untuk kita semua”. imbuhnya.

Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar juga menghimbau kepada semuanya, mari kita bersama-sama membuang sampah pada tempatnya, jangan membuang sampah pada aliran sungai agar aliran sungai bisa berjalan lancar sehingga tercipta lingkungan yang bersih,sehat, dan terbebas dari ancaman banjir.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Dandim, Melalui Karya Bakti TNI Tangan Tuhan Menuju Brebes Berhias yang saya lihat sekarang ini sungguh sangat membantu warga dalam menyelesaikan masalah pasca jebolnya tanggul sungai Babakan kecamatan Ketanggungan”. tutup PJ. Bupati Brebes.

Sementara Komandan Kodim 0713 Brebes Letkol Infanteri Sapto Broto, S.E., M.Si mengatakan, meluapnya Sungai Babakan dikarenakan posisi air sudah diatas ketinggian Bendung Cisadap 170 centimeter. Akibatnya Sungai Babakan meluap dan limpasan hingga ke pemukiman warga.

“Alhamdulillah TNI, Polri dan Pemda Brebes hari ini turun membantu warga dalam membersihkan lumpur dan air yang masih tergenang, diantaranya di Desa ketanggungan di lingkungan RT. 3, 4, 5 dan 6 RW.03, serta RT. 01, 02 RW.002. kemudian di Desa Karangmalang RT 01 RW 03”. Pungkas Dandim.(Red3/Umum)

Advertisements

Editor : Irene Indah

TAG :, , ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 119,593