Nasi Sodu Khas Situbondo yang Menggoda Selera

KULINER : Nasi Sodu adalah kuliner khas Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Kuliner ini paling enak dinikmati saat hangat dengan kerupuk sebagai pelengkapnya. (BeeNews.id/doc)

SITUBONDO – Kuliner Indonesia memang tidak ada habis-habisnya untuk dibahas, dengan beragamnya budaya, mampu menciptakan budaya kuliner yang sangat banyak di Indonesia.

Di Indonesia kamu akan menemukan kuliner Nasi Sodu yang hanya ada di Situbondo.

Nasi Sodu merupakan kuliner khas Situbondo, hampir disetiap warung di Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo tetap mempertahankan dan melestarikan kuliner tersebut.

Nama sodu sendiri berasal dari cara penyajiannya yang dipincuk menggunakan daun pisang, serta sendok yang digunakan untuk makan juga terbuat dari daun pisang yang dilipat yang disebut Sodu.

Namun dengan perkembangan jaman, daun pisang hanya sebagai alas diatas piring dan memakai sendok untuk penyajiannya.

Kurang lengkap apabila berkunjung ke Situbondo, tidak mencoba kuliner satu ini. Nasi sodu yang disajikan berupa campuran nasi putih, sayur labu kuning, ikan tongkol, kuah santan dan sambal cengi.

Sekilas memiliki cita rasa serupa sayur lodeh, nasi sodu diolah menggunakan kandungan santan yang lebih kental.

Jika dilihat sepintas, memang seperti tak ada yang special dari penampilan kuliner yang satu ini. Nasi ada kuahnya sedikit yang disiram seperti pakai sayur, lauk ikan dan kerupuk sebagai pelengkap.

Harga nasi sodu dibanderol dari harga Rp 5.000 sampai Rp 7.000 tergantung lauk yang dipilih oleh penikmatnya.

Tidak ada salahnya jika datang ke Situbondo, jangan lupa untuk mencicipi kelezatan nasi sodu..
(Red2/Kuliner)

Advertisements

Editor : Irene Indah

TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 119,550