Mudik, H-1 Lewat Tol Solo – Surabaya Lancar

SEPI : Perjalanan Mudik H-1 sebelum hari Raya Idul Fitri 1443 H yang melalu Tol Solo – Semarang terlihat lenggang dan sepi. Sehingga pemudik bisa dengan lancar dan aman mengemudikan mobilnya. Semua pemudik diharapkan tetap mematuhi protokol kesehatan. (BeeNews.id/Wildan Rizkiyadi)

SOLO – Pulang kembali ke kampung halaman menjelang Lebaran atau biasa disebut dengan Mudik merupakan tradisi masyarakat Indonesia yang selalu dinantikan setiap tahunnya.

Bagi yang merantau di Kota besar seperti Jakarta, pastinya selalu menunggu moment mudik ini, karena hanya bisa dilakukan saat libur Lebaran. Perusahaan biasanya memberikan jatah cuti libur lebaran sekitar 1 minggu. Hal tersebut dimanfaatkan oleh para pekerja untuk pulang ke kampung halaman. Melepas kerinduan terhadap keluarga tercinta.

Jauh dan lamannya perjalanan mudik yang akan ditempuh tidak menyurutkan semangat para pemudik. Apalagi di setiap titik yang sudah ditentukan, tersedia rest area atau posko mudik lebaran yang bisa digunakan untuk sejenak beristirahat melepas lelah selama perjalanan.

Beberapa pilihan perjalanan mudik yang bisa menjadi alternatif yaitu menggunakan kendaraan umum seperti Bus, Kereta Api dan Travel. Atau bisa juga memakai kendaran pribadi yaitu sepeda motor dan mobil.

Bagi yang akan menggunakan kendaraan pribadi yaitu mobil dan akan memilih melalui jalur Tol diharapkan menyiapkan beberapa hal, terutama apabila mengajak anak-anak maupun orang tua.

Berapa hal tersebut antara lain saldo kartu E-Tol harus penuh atau sesuai dengan kebutuhan selama menempuh perjalanan. Informasi mengenai tarif tol sudah bisa langsung dilihat di google. Misalkan tarif Tol Semarang – Surabaya berkisar 365.000 untuk kendaraan golongan 1.

Perbekalan seperti makan, snack dan minuman juga harus disiapkan terutama jika mudik dengan membawa anak-anak. Obat-obatan umum juga sebaiknya disiapkan untuk berjaga-jaga.

Beberapa Rest Area beserta fasilitas yang disediakan, seperti kamar mandi, warung makan, dan pusat oleh-oleh yang berlokasi di beberapa titik juga sudah siap digunakan. Sehingga apabila pemudik lelah bisa istirahat sebentar di Rest Area.

Suasana H -1 perjalanan mudik melalui jalan Tol Solo – Surabaya sangat lancar bahkan terkesan sepi, karena hanya sedikit mobil yang melewatinya. Kepadatan arus mudik melalui tol sudah terurai di H -1 menjelang lebaran.

“Perjalanan melalui tol hari ini sangat lancar, bahkan sepi. Sudah tidak banyak pemudik yang melewati tol Solo – Surabaya ini. Rencana kami akan beristirahat dulu di Rest Area 725 ini, setelah itu baru melanjutkan perjalanan ke Surabaya,” kata Wiwid yang melakukan perjalanan mudik bersama kekuarganya melalui jalan Tol.
(Red1/Galery Foto)

Advertisements

Editor : Ahmad Wachidin

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 115,303