Menjaga Kesehatan, Rutin Minum Air Rebusan Daun Pandan Campur Jahe

BANYAK MANFAAT : Daun Pandan mempunyai banyak manfaat, selain dapat menambah harum masakan dan kue, mempercantik penyajian hidangan makanan, juga dapat untuk menjaga kesehatan tubuh dengan rutin mengkonsumsi air rebusannya.(BeeNews.id/Nur Hayati)

TEGAL – Daun pandan adalah tanaman aromatic yang disukai karena aromanya yang wangi dan memiliki banyak manfaatnya yang luar biasa. Selain untuk penambah aroma lezat masakan atau kue, ternyata daun pandan juga bisa menjaga kesehatan tubuh.

Salah satu manfaat daun pandan antara lain menjadi bahan favorit yang dimasukkan ke dalam berbagai hidangan. Juga untuk campuran kue karena menambah rasa harum. Saat menanak nasi juga bisa ditambahkan daun pandan sehingga nasi wangi. Daun pandan juga sering jadi campuran minuman.

Jika ingin mengonsumsi aromanya langsung, caranya mudah. Cukup dengan meminum rebusannya. Berikut cara untuk membuatnya, pertama bersihkan daun pandan dan buat simpul 8-10 helai daun pandan. Rebus dalam panci selama 10 menit. Lalu didihkan selama 5 menit dalam air. Tambahkan jahe dan atau serai untuk menambah rasa dalam rebusan air daun pandan.

Mengonsumsi air rebusan daun pandan dicampur jahe memiliki manfaat untuk tubuh. Salah satunya untuk Anti Nyeri, Detoksifikasi dan mengatasi Insomnia.

Daun pandan mudah ditemukan. Beberapa varian pandan ditemukan di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Di balik kegunaannya itu, ternyata daun pandan memiliki kandungan yang beragam, seperti ester isoprena, tanin, glikosida, alkaloid, dan minyak esensial beraroma. Selain itu daun pandan juga bisa digunakan sebagai pembungkus makanan.
(Red2/Menu Dapoer)

Editor : Irene Indah

TAG :
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 119,385