Mengenal Petanque, Olahraga yang Jarang Orang Tahu

BARU : Petanque (dibaca petang) merupakan salah satu jenis olahraga asal Prancis yang masih awam di telinga masyarakat Indonesia. Olahraga ini baru masuk ke Indonesia pada tahun 2017 lalu.(BeeNews.id/Zuhud).

BREBES – Mungkin olahraga petanque tidak sepopuler olahraga melempar lainnya. Namun, petanque sudah diperlombakan di berbagai ajang olahraga berskala internasional, mulai dari SEA Games, Asian Games, sampai Olimpiade. Olahraga yang satu ini juga butuh konsentrasi tinggi supaya bisa melempar bola besi dengan tepat.

Petanque biasa dimainkan di tanah berpasir yang tetap bisa membuat bola besi bergulir. Beberapa perlombaan petanque juga dimainkan di lapangan rumput atau permukaan datar lainya. Untuk mengenal lebih jauh dan mempelajari olahraga petanque.

Jauh pada peradaban Yunani Kuno, permainan melempar sudah sering dilakukan oleh masyarakat. Mereka menggunakan batu dengan berbagai bentuk. Permainan melempar itu pun selalu dimodifikasi dengan menambahkan beberapa aturan. Salah satunya adalah melempar mendekati target atau objek benda lainnya.

Pada abad ke-14, Raja Perancis dan Inggris Raya melarang masyarakat biasa melakukan permainan atau olahraga melempar. Mereka menganggap olahraga tersebut hanyalah milik kaum bangsawan. Baru sekitar 3 abad berselang, aturan tersebut dihilangkan dan olahraga melempar bisa dilakukan oleh siapa saja.

Olahraga melempar tersebut pun semakin populer. Di sebagian besar wilayah Perancis, berkembang permainan boule. Sekitar tahun 1907, seorang atlet bernama Jules Boule Lenoir mengenalkan olahraga pentaque. Tiga tahun berselang, olahraga ini sudah mulai diperlombakan dalam sebuah kompetisi. Olahraga ini pun dipatenkan dan dibuat aturan internasional pada 1958. Lalu satu tahun setelahnya, pentaque pertama kali diperlombakan di kejuaraan dunia.

Federasi pentaque resmi Indonesia diresmikan pada 18 Maret 2011 dan pada tahun yang sama pula mulai dimainkan dalam ajang SEA Games yang berlangsung di Indonesia. Sampai sekarang pun sudah banyak komunitas petanque yang ada di Indonesia.

Petanque sendiri merupakan olahraga yang menyerupai dengan permainan kelereng namun memiliki bentuk yang lebih besar.(Red3/OlahRaga).

Editor : Irene Indah

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 117,594