Layanan Unggul yang dimiliki Rumah Sakit Mitra Siaga Tegal

HIPERBARIK : Merupakan layanan unggulan yang dimiliki Rumah Sakit Mitra Siaga Tegal yang berfungsi sebagai terapi pengobatan yang dilakukan dengan menghirup oksigen murni dalam ruang bertekananan udara tinggi. (BeeNews.id/ZuhudBudiaji)

TEGAL – Layanan unggulan merupakan suatu layanan yang penuh dengan inovasi, didukung oleh teknologi terbaik dibidangnya, biasanya komprehensif pada layanan klinik yang fokus pada suatu penyakit tertentu, serta tidak dimiliki oleh pesaing.

Namun yang membedakan dari rumah sakit Mitra Siaga Tegal adalah memiliki Layanan Unggulan seperti :

  1. Hiperbarik, merupakan terapi pengobatan yang dilakukan dengan menghirup oksigen murni dalam ruang bertekananan udara tinggi. Ada beragam manfaat yang bisa didapatkan dari terapi hiperbarik. Meski begitu, terapi ini juga memiliki efek samping. Pada prinsipnya, saat dilakukan terapi hiperbarik, ruangan yang akan digunakan memiliki tekanan udara hingga tiga kali lebih tinggi daripada tekanan udara normal. Dengan kondisi ruangan tersebut, diharapkan aliran oksigen yag masuk ke dalam tubuh akan lebih banyak.

Tujuan dilakukannya terapi ini adalah untuk meningkatkan kemampuan tubuh dan sel darah putih dalam melawan infeksi, mengurangi pembengkakan, dan merangsang proses penyembuhan luka. Di Indonesia, terapi hiperbarik sudah tersedia di beberapa rumah sakit besar, termasuk Rumah Sakit Mitra Siaga Tegal.

Terapi hiperbarik umumnya digunakan untuk mengobati penyakit dekompresi yang biasanya dialami oleh para penyelam bawah laut. Namun belakangan ini, terapi hiperbarik juga kerap dipakai sebagai pengobatan tambahan untuk mengatasi berbagai penyakit.

Nah ada beberapa penyakit atau kondisi medis yang bisa diobati dengan terapi
Hiperbarik :

  • Anemia.
  • Luka bakar.
  • Keracunan karbon monoksida.
  • Cedera akibat terapi radiasi.
  • Infeksi pada otot dan tulang (osteomielitis).
  • Abses otak.
  • Infeksi jaringan otot atau gas gangren.
  • Proses pemulihan setelah cangkok kulit.
  • Luka yang tidak kunjung sembuh, seperti ulkus kaki diabetik.
  • Kehilangan pendengaran tiba-tiba.
  • Kehilangan penglihatan secara tiba-tiba dan tanpa rasa sakit.

Selain itu, terapi hiperbarik juga diyakini mampu membantu proses penyembuhan stroke, radang sendi, HIV/AIDS, dan penyakit Alzheimer. Namun, efektivitasnya masih belum jelas dan masih perlu diteliti lebih lanjut.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda perlu menjalani sesi terapi hiperbarik sebanyak beberapa kali. Jumlah sesi terapi tergantung pada penyakit dan perkembangan kondisi Anda. Namun, jangan lupa untuk berdiskusi dengan dokter terlebih dahulu tentang rencana pengobatan dan hasil yang ingin dicapai.

  1. Extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL), merupakan indakan non-invasif untuk menangani batu saluran kemih, batu kandung kemih, batu ginjal, maupun batu empedu dengan memanfaatkan gelombang kejut dari luar tubuh tanpa merusak jaringan tubuh lainnya. Gelombang kejut yang digunakan berupa gelombang ultrasonik atau elektrohidrolik yang akan memecah batu menjadi ukuran lebih kecil sehingga dapat keluar bersama air kemih.
    (Red3/Kesehatan).

Editor : Irene Indah

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 116,502