Keindahan Wisata Hutan Mangrove Pandansari Brebes

MANGROVE : Dermaga Hutan Mangrove Pandansari Brebes Jembatan yang akan dilalui menuju hutan Mangrove sebagai akses jalan utama. (BeeNews.id/ZuhudBudiaji)

BREBES – Berbicara mengenai wisata, Kabupaten Brebes memiliki wisata alam yang sangat indah yaitu Wisata Hutan Mangrove Pandansari. Kabupaten Brebes merupakan daerah yang terletak disebelah selatan dan berbatasan langsung dengan Cilacap.

Lokasi ini sebenarnya menjadi lokasi yang secara tidak sengaja ditemukan. Berawal dari terjangan abrasi pada tahun 1990. Warga Desa Pandansari kemudian berusaha melakukan operasi penyelamatan pantai, dengan cara menaman pohon mangrove guna mencegah hal yang sama terulang kembali.

Wisata Hutan Mangrove Brebes memiliki akses jalan yang cukup mudah untuk dilalui, wisatawan yang sudah tertarik untuk berkunjung kemari cukup datang ke Dukuh Pandansari, Kaliwlingi, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Bagi calon wisatawan yang ingin menjelahi kawasan Hutan Mangrove ini akan dikenakan biaya tiket. Harga tiket masuk Hutan Mangrove ini sebesar Rp. 20.000 untuk hari-hari biasa dan Rp.25.000 untuk hari libur, dan untuk tiket anak usia dibawah 10 tahun dikenakan biaya Rp. 10.000 saja. Untuk harga tiket tersebut sudah naik, awal mulanya Rp.15.000.

Wisata Hutan Mangrove Brebes ini dibbuka setiap hari mulai pukul 07.00-17.00 WIB. Pengunjung bebas untuk menjelajahi tanpa ada batas waktu disini, karena tidak ada batasan waktu untuk berkunjung. Pengunjung tidak diperbolehkan untuk menginap di tempat ini karena tidak adanya listrik yang tersedia.

Area wisata utama dari Hutan Mangrove Pandansari Brebea yaitu menawarkan wisata alam. Mengelilingi hijaunya hutan bakau, menjadi aktivitas yang paling banyak dilakukan. Bagi pecinta foto-foto salah satu tempat foto ikonik adalah Jembatan Pink. Jembatan berwarna merah muda yang terbuat dari kayu yang ditutupi rimbunnya tanaman bakau

Bagi pengunjung yang ingin menjelajahi kawasan wisata ini, mungkin membutuhkan waktu seharian, karena tempat ini cukup luas untuk dijelajahi. Selain itu wahana yang disediakan cukup beragam dan menarik.

Berikut beberapa wahana yang disediakan di tempat wisata ini :

  1. Trekking Hutan Mangrove Pandansari Brebes
  2. Taman Kupu-Kupu
  3. Taman Burung
  4. Konservasi Kepiting Soka
  5. Spot Foto

Adapun untuk fasilitan yang disediakan di wisata ini antara lain lahan parkir yang cukup luas, mushola, kamar kecil hingga warung untuk jajan dan makan juga sudah tersedia di tempat ini. Namun tidak disediakan tempat penginapan untuk wisatawan. Bagi yang berkunjung ke Brebes pasti terasa lebih lengkap apabila sudah menyusuri Hutan Mangrove ini.
(Red3/Wisata)

Editor : Ahmad Wachidin

Advertisements
TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 62,900