Taman Pancasila, Serunya Menikmati Sore berlatar Bangunan Tua di Kota Tegal

DESTINASI : Taman Pancasila adalah sebuah destinasi wisata yang sedang hits di Kota Tegal. Lokasinya berada di Jl. Pancasila, Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal. (BeeNews.id/doc)

TEGAL – Taman Pancasila Kota Tegal diresmikan bertepatan dengan hari sumpah pemuda tanggal 28 Oktober 2021.

Secara simbolis taman ini dibuka oleh Wali Kota Tegal Dedy Yon bersama Deputy Eksekutif Fast Presiden KAI Daop IV Semarang Setio Rini beserta anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah.

Tak dipungkiri lagi Taman Pancasila saat ini menjadi destinasi wisata baru di Kota Tegal. Keindahan taman tersebut menjadi lebih menarik dengan adanya bangunan di sekitarnya.

Seperti di seberang Taman Pancasila sebelah utara berdiri megah bangunan peninggalan Belanda yakni Gedung Lawang Satus yang dulu bernama gedung Birao serta seberang utaranya Stasiun Kereta Api yang bangunannya juga peninggalan pemerintah kolonial Belanda.

Warga dapat berkunjung ke taman ini dengan diberikan tiket masuk yang terbatas dikarenakan pandemi yang membuat warga harus menjaga jarak. Sebelum masuk ke dalam area taman, warga dapat membaca tata tertib terlebih dahulu yang terletak persis di sebelah pintu masuk.

Terdapat tata tertib yang harus pengunjung perhatikan, seperti waktu berkunjung untuk hari Senin-Jumat mulai dari pukul 16.00-21.00 WIB.

Sedangkan Sabtu-Minggu dibagi dua sesi, yakni sesi pagi pukul 06.00-10.00 WIB dan sesi sore pukul 16.00-22.00 WIB dengan setiap harinya saat waktu Maghrib taman ditutup pukul 17.30 -18.30 WIB.

Selain itu, waktu berkunjung juga dibatasi selama 20 menit dengan jumlah pengunjung tiap sesi hanya 50 orang yang diberikan kartu antrian setiap masuk.

Warga wajib patuhi protokol kesehatan dengan memakai masker. Serta pengunjung dilarang menginjak rumput, tidak menaiki lokomotif, dan tidak merusak fasilitas taman.

“Kami sangat senang sekali ada destinasi wisata baru, terutama lokomotif antik yang sangat disukai anak-anak,” kata Donna salah satu warga Kota Tegal yang mengunjungi Taman Pancasila bersama anaknya.
(Red2/Wisata)

Advertisements

Editor : Irene Indah

Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 116,542