Keajaiban dan Keindahan Gua Terindah di Asia Tenggara

DESTINASI WISATA : Keindahan Gua Gong yang terletak di Dusun Pule, Desa Bomo, Kecamatan Pacitan, Jawa Timur yang sangat menarik. Menjadikannya sebagai destinasi wisata alam yang sangat cocok buat para traveller pecinta alam.(BeeNews.id/Nur Hayati)

PACITAN – Weekend merupakan saat yang dinanti-nantikan oleh sebagian besar masyarakat. Dimana kebanyakan Traveller berburu destinasi wisata yang menyenangkan. Ada wisata alam fenomenal yang merupakan perpaduan keindahan alam, yang terbentuk karena aktivitas bumi pada jutaan tahun silam.

Kota dengan julukan Kota 1001 Gua, Pacitan memiliki obyek wisata gua yang menakjubkan. Salah satu gua yang paling terkenal dengan keajaibannya, serta paling indah adalah Gua Gong Pacitan.

Keindahan Gua Gong tak tertandingi oleh gua-gua lain di Pulau Jawa. Bahkan ada yang menyebutkan bahwa Gua Gong adalah Gua terindah di Asia Tenggara. Gua Pacitan ini memiliki banyak warna-warna cantik, sehingga membuat tertarik traveller yang sedang berkunjung ke Provinsi Jawa Timur.

Ketika masuk ke dalam gua, suasana hening dan takjub akan langsung dirasakan. Wisatawan langsung di sajikan deretan formasi terpadu dari stalaktit dan stalagmit. Dipandu oleh penerangan cukup, sehingga pengunjung bisa menjelajahi lebih dalam dengan menyusuri lorong-lorong gua sepanjang 256 meter.

Tepat di ujung lorong, pengunjung bakal menyaksikan fenomena alam menakjubkan yakni berupa ruangan raksasa sepanjang 100 meter, lebar mencapai 15 hingga 40 meter, dengan tinggi kurang lebih 20 sampai 30 meter.

Keajaiban alam seperti itulah yang membuat siapa pun memasuki Gua Gong akan dibuat berdecak kagum atas ciptaan Tuhan itu. Bentuk dari stalaktit dan stalakmit pun sangat bervariasi dan memiliki berbagai ukuran yang menghiasi hampir seluruh penjuru ruangan.

Bahkan, pihak pengelola dan warga setempat sepakat memberi nama demi mengabadikan keindahan alam. Beberapa nama seperti Selo Adi Citro Buwono, Selo Jengger Bumi, Selo Citro Cipto Agung, Selo Pakuan Bomo, Selo Bantaran Angin dan masih banyak lagi.

Supaya bisa menyusuri seluruh kawasan gua, maka setidaknya memerlukan waktu hampir 2 jam. Waktu tersebut mungkin dirasa cukup lama, tetapi wisatawan tidak akan terasa lelah, sebab di sepanjang perjalanan akan dibuat takjub dengan keindahan alam Gua Gong Pacitan ini.

Pengunjung juga tidak perlu khawatir ketika sedang menjelajahi gua, pasalnya Pemkab Pacitan telah menambahkan fasilitas di dalam gua seperti pagar pengaman, kipas angin, tangga dan penerangan yang cukup. Semua fasilitas tersebut demi mempermudah kegiatan penjelajahan wisatawan.

Uniknya di dalam gua Pacitan ini terdapat sejumlah ruangan seperti ruang batu gong, ruang sendang Bidadari, ruang pertapaan, ruang kristal dan ruang Marmer. Bahkan terdapat satu ruangan yang pernah digunakan sebagai tempat konser musik yang disiarkan langsung di 4 negara dalam rangka promosi wisata gua Gong.

Advertisements

Selain keindahan dari stalaktit dan stalakmit menghiasi seluruh ruangan gua. Terdapat juga mata air (sendang) yang menurut cerita masyarakat sekitar memiliki magis dapat menyembuhkan berbagai penyakit, bagi mereka yang mempercayai hal tersebut. Dimana mata air itu antara lain Sendang Relung Nisto, Sendang Jampi Rogo, Sendang Kamulyan, Sendang Panguripan dan Sendang Relung Jiwo.

Gua Gong berlokasi di Dusun Pule, Desa Bomo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Dengan tarif masuk Rp 5000,- sampai Rp 7000,- , maka pengunjung sudah bisa menjelajahi keindahan gua gong.(Red2/Wisata)

Editor : Ahmad Wachidin

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 115,323