Jembatan Sungai Pemali Brebes Kini Telah Diresmikan Presiden RI Ir. Joko Widodo

MERESMIKAN : Presiden Ir Joko Widodo saat meresmikan jembatan Sungai Pemali Brebes. Dengan ditandai dengan penekanan tombol sirine, dan penandatanganan prasasti.(Beenews.id/zuhud)

BREBES – Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Kabupaten Brebes sore ini untuk meresmikan jembatan Sungai Pemali Brebes sisi utara yang telah rampung, Rabu (3/1) sore.

Diketahui, perbaikan jembatan Sungai Pemali sempat molor hingga beberapa bulan. Namun kini telah selesai 100 persen, dan bisa dilalui kendaraan.

Sebelum meresmikan Jembatan Sungai Pemali di Brebes, Presiden Jokowi melakukan kunjungan ke Kota Tegal dan Kabupaten Tegal dan dengan senang hati menyapa masyarakat sambil membagikan kaos dan sembako.

Ribuan warga Brebes antusias menunggu kedatangan Presiden Jokowi. Mereka menunggu dan berkumpul di sepanjang jalan arteri hingga tempat peresmian Jembatan Sungai Pemali B, sejak pukul 13.00 Wib. Meski kondisi terik matahari, tetapi warga tetap bersemangat menunggu kedatangan Jokowi di kabupaten Brebes.

Presiden tiba di Brebes, sekitar pukul 16.15 WIB, melalui jalur darat menggunakan kendaraan Indonesia 1 dan langsung disambut oleh Penjabat Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar SH M Hum beserta jajaran Forkopimda. Dilanjut Jokowi dengan meresmikan Jembatan Sungai Pemali ditandai dengan penekanan tombol sirine, dan penandatanganan prasasti.

Diketahui, Jokowi selain meresmikan Jembatan Sungai Pemali B, juga telah meresmikan 5 jembatan di Jawa Tengah. Yakni, Jembatan Pedes di Kabupaten Brebes, Jembatan Kalibanger A di Kota Semarang, Jembatan Wonokerto 2A di Kabupaten Demak, Jembatan Juwana 1A di Kabupaten Pati dan Jembatan Pang 1A di Kabupaten Rembang.

Presiden Jokowi dalan sambutannya mengatakan, pada lintas selatan telah diresmikan 3 jembatan, sore ini di lintas utara diresmikan 6 jembatan sebagai pengganti jembatan yang sudah lebih dari 40 tahun usia layanannya.

Kondisinya memang sudah tidak layak, dan karena beban berat yang setiap hari melintas jembatan-jembatan itu perlu pengganti baru. Sehingga bebannya lebih baik, dan mobilitas orang, barang dan logistik berjalan lebih cepat di atasnya.

“Pada sore hari ini, dengan mengucap Bismilahirohmanirrahim, Jembatan Pemali Brebes di Kabupaten Brebes, Jembatan Pedes di Kabupaten Brebes, Jembatan Kalibanger A di Semarang, Jembatan Wonokerto 2A di Kabupaten Demak, Jembatan Juwana 1A di Kabupaten Pati dan Jembatan Pang 1A di Kabupaten Rembang, dengan ini saya resmikan untuk bisa digunakan,” ucap Jokowi.

Usai meresmikan Jembatan Sungai Pemali B, Jokowi yang didampingi PJ Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar, Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Menteri PUPR serta pejabat lainnya menyempatkan diri mengecek hasil pembangunan jembatan, dan menyapa warga Brebes yang telah lama menanti kedatangannya. Bahkan, Presiden juga menyempatkan diri membagikan kaos serta buku kepada masyakarat sekitar.

Advertisements

Diketahui, Jembatan Sungai Pemali diperbaiki total sejak Juli tahun 2022 lalu, dan direncanakan selesai pada bulan April tahun 2023. Namun pekerjaannya baru selesai pada November 2023, sehingga molor hingga 7 bulan.

Dalam perbaikan itu, konstruksi jembatan ditinggikan hingga 1,5 meter. Tujuannya, agar gelagar jembatan tidak menyentuh debit air sungai saat banjir. (Red3/Galery Foto)

Editor : Irene Indah

TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 117,519