Jelang Akhir Tahun Dinkes Targetkan Capaian Vaksinasi 70 Persen

MENINJAU : Disela kesibukaannya, Bupati Tegal Umi Azizah rutin meninjau pelaksanaan vaksinasi di desa-desa. Salah satunya di Desa Bukateja, Kecamatan Balapulang pada Selasa (30/11/2021). (BeeNews.id/Humas Pemkab Tegal)

SLAWI – Pelaksana Tugas Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal Hendadi Setiaji menargetkan capaian vaksinasi Covid-19 dosis pertama mencapai 70 persen di akhir tahun 2021 ini. Hal itu disampaikan Hendadi saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (30/11/2021) siang.

Hendadi menyebutkan capaian vaksinasi Covid-19 dosis pertama di Kabupaten Tegal untuk saat ini sudah mencapai 56 persen.

“Data per tanggal 30 November ini capaian vaksinasi dosis pertama kita sudah mencapai 56 persen dari total target penduduk Kabupaten Tegal yang harus divaksinasi. Sedangkan untuk dosis kedua, sudah mencapai 28 persen,” jelasnya.

Sementara untuk lansia, Hendadi mengatakan penyuntikan vaksin dosis pertama sudah mencapai 47 persen. Meskipun demikian, Hendadi akan terus menggenjot target vaksinasi kelompok lansia ini hingga akhir tahun 2021.

“Target vaksinasi lansia hingga akhir tahun ini adalah 60 persen. Semoga dapat terealisasi, meskipun secara bertahap,” kata Hendadi.

Ditanya soal ketersediaan stok vaksin, Hendadi menyampaikan sejauh ini masih mencukupi. Adapun jenis vaksin yang tersedia didominasi vaksin Pfizer.

“Saya berharap warga masyarakat bisa segera mendaftarkan diri untuk divaksin untuk menghindari lonjakan kasus. Terlebih adanya varian baru Covid-19 yaitu omicron,” ujarnya.

Sementara itu, di hari yang sama, Bupati Tegal Umi Azizah melakukan tinjauan vaksinasi di tiga desa, yaitu Desa Ujungrusi Kecamatan Adiwerna dan Desa Balapulang Wetan serta Desa Bukateja, Kecamatan Balapulang.

Dalam tinjauannya, Umi menitip pesan kepada kepala desa untuk ikut menyukseskan program vaksinasi.

“Kita yang harus jemput bola. Ketua RW dan RT harus membantu kepala desanya untuk mengajak warga supaya mau vaksin. Dengan begitu capaian vaksinasi yang kita targetkan ini bisa tercapai,” pesan Umi.

Advertisements

Adapun Kepala Desa Bukateja Supendi menuturkan jika saat ini jumlah warganya yang sudah mendapat suntik vaksin mencapai 70 persen dari target sasaran penduduk yang harus divaksin yaitu empat ribu jiwa.

Pun demikian dengan vaksinasi di Desa Balapulang Wetan. Menurut ketua RW 1 Desa Balapulang Wetan Teguh Supriyadi mengatakan jika capaian vaksinasi di desa tersebut sudah mencapai 70 persen dari jumlah penduduk sasaran yang mencapai 14.600 jiwa.
(Red2/Kesehatan)

Editor : Irene Indah

Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 115,303