Konsumsi 5 Jenis Rempah ini untuk menurunkan Berat Badan

IDAMAN : Tubuh langsing menjadi idaman semua wanita, salah satu cara mendapatkan bentuk tubuh yang ideal dengan melakukan diet. Ada beragam metode diet yang dapat dilakukan salah satunya dengan mengonsumsi rempah-rempah. (BeeNews.id/doc)

TEGAL – Berbagai bahan alami dapat membantu menurunkan berat badan, di antaranya adalah rempah-rempah yang umum digunakan dalam kuliner dan pengobatan.

Beberapa jenis rempah telah terbukti memiliki efek penurunan berat badan, pembakaran lemak, dan penurunan nafsu makan.

Bagi yang ingin menurunkan berat badan secara alami, berikut adalah 5 jenis rempah untuk menurunkan berat badan, dilansir Healthline melalui Kompas.com.

  1. Jahe

Sering digunakan dalam pengobatan tradisional sebagai obat alami untuk berbagai jenis penyakit, bahkan penelitian mengatakan bahwa jahe mampu menurunkan berat badan.

Sebuah ulasan terhadap 14 penelitian pada manusia menunjukkan bahwa suplementasi dengan jahe mampu menurunkan berat badan dan mengurangi lemak di perut secara signifikan.

  1. Ginseng

Ginseng merupakan rempah yang berkhasiat meningkatkan kesehatan dan dianggap sebagai bahan pokok dalam pengobatan tradisional Tiongkok.

Ginseng dapat dikategorikan dalam jenis ginseng Korea dan ginseng Amerika. Banyak penelitian yang telah menunjukkan bahwa ginseng dapat membantu menurunkan berat badan.

Sebuah studi kecil menemukan, konsumsi ginseng Korea setiap dua kali dalam sehari selama 8 minggu mampu menurunkan berat badan.

  1. Kunyit

Kunyit adalah jenis rempah yang sebagian besar manfaat kesehatannya berasal dari kurkumin.

Sebuah studi terhadap 44 orang dengan kelebihan berat badan menunjukkan penurunan berat badan dan pengurangan lemak di perut setelah mengonsumsi kurkumin setiap dua kali dalam sehari selama satu bulan.

Advertisements

Namun, perlu diingat bahwa penelitian ini menggunakan dosis kurkumin yang terkonsentrasi.

  1. Lada hitam

Lada hitam merupakan rempah-rempah yang biasanya digunakan sebagai bumbu rumah tangga.

Sebuah penelitian menemukan bahwa suplementasi dengan piperin, senyawa kuat dalam lada hitam, mampu membantu menurunkan berat badan pada tikus.

Sementara itu, penelitian tabung reaksi menunjukkan bahwa piperin secara efektif menghambat pembentukan sel lemak.

  1. Kayu manis

Rempah aromatik yang berasal dari kulit bagian dalam pohon genus Cinnamomum, kayu manis, merupakan bahan alami yang kaya akan antioksidan.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kayu manis dapat meningkatkan penurunan berat badan.

Rempah yang satu ini juga efektif dalam menstabilkan gula darah, yang dapat mengurangi nafsu makan dan rasa lapar.
(Red2/Kesehatan)

Editor : Irene Indah

TAG :, , ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 115,299