HUT IBI ke-72 Tingkat Kabupaten Brebes

LANCAR : Prosesi penyerahan sertifikat dan pemotongan tumpeng pada acara HUT Ikatan Bidan Indonesai (IBI) ke 72 yang diadakan di Gedung Islamic Center Kabupaten Brebes, Sabtu (12/8) kemarin berjalan dengan lancar. (Beenews.id/Zuhud).

BREBES – Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) menjadi momen untuk memperkuat komitmen para bidan untuk mengatasi persoalan kesehatan, seperti Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB) serta stunting di Kabupaten Brebes.

Demikian disampaikan Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin SH saat menghadiri seminar puncak perayaan HUT IBI ke 72 tingkat Kabupaten Brebes di Gedung Islamic Center, Sabtu (12/8).

“Momen ini bisa menjadi pemicu semangat para bidan, mengingat tugasnya begitu berat, tidak hanya persalinan namun juga mengubah pola hidup masyarakat yang berdampak pada banyak aspek kehidupan,” ucapnya.

Urip mengatakan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dipengaruhi antara lain masalah kesehatan seperti Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB) dan stunting, yang sedang dihadapi Brebes.

“Saat ini IPM Brebes masih rendah di angka 67,03 persen, dibandingkan dengan daerah sekitar kita, seperti Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Pekalongan dan lainya,” tuturnya.

Lanjut Urip, untuk angka harapan hidup Brebes di angka 69 persen, masih jauh di Jawa Tengah yang sudah sampai 74 persen. Jadi ini tugas bersama seluruh bidan, bagaimana caranya agar bisa memperbaiki indikator tersebut sehingga IPM pun naik.

“Sanitasi lingkungan juga perlu diperhatikan, karena ternyata pengaruh kesehatan masyarakat juga akibat kekurangan sumber air yang terlindungi, khususnya di beberapa wilayah selatan Brebes, begitu juga jambanisasi, ternyata masih ada masyarakat kita yang belum mau atau belum punya jamban,” terangnya.

Urip juga mengungkapkan, AKB sampai Juli sudah di angka 33 persen, masih ada beberapa bulan ke depan, sedangkan di tahun kemarin 50 persen. Untuk stunting di bulan ini juga tinggi masih jauh dari target nasional yakni 14 persen.

“Saya titip kepada ibu ibu bidan, agar terus menjalankan program pemerintah baik dari provinsi maupun daerah, serta sosialisasikan pola hidup sehat demi peningkatkan kualitas kesehatan masyarakat,” tutupnya.(Red3/Organisasi).

Editor : Irene Indah

Advertisements
TAG :, , ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 117,528