Harmoni Menjadi Tema Peringatan Hari Jadi ke-423 Kabupaten Tegal

BERPARTISIPASI : Pada perhelatan hari jadi Kabupaten Tegal tahun ini Agustyarsyah mengajak masyarakat berpartisipasi di kegiatan bakti sosial seperti sunatan massal, pembagian jaminan hidup, pembagian bansos sembako, alat bantu dengar, operasi bibir sumbing, operasi katarak, sedekah tanaman, dan pembagian bibit ikan.(BeeNews.id/Wijaya Kusuma)

SLAWI – Kabupaten Tegal genap berusia 423 tahun pada tanggal 18 Mei 2024. Perjalanan panjang Pemerintahan Kabupaten Tegal sejak zaman kolonial Hindia Belanda hingga kemerdekaan RI tentu menyimpan banyak cerita dan peristiwa bersejarah untuk dikenang dan dilestarikan demi kemaslahatan generasi penerus.

“Sebagai wujud rasa syukur kita atas segala nikmat dan rahmat dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa serta penghormatan kepada para leluhur, para pendahulu sekaligus upaya pelestarian budaya jawa, kita perlu melaksanakan serangkaian peringatan Hari Jadi ke-423 Kabupaten Tegal,” kata Pj Bupati Tegal Agustyarsyah dalam siaran persnya di Studio Mini Humas Pemkab Tegal, Rabu (15/05/2024).

Disebutkan oleh Pj Bupati Tegal yang didampingi Sekda Amir Makhmud, tema peringatan Hari Jadi Kabupaten Tegal tahun ini adalah Harmoni. Menurutnya, harmoni merupakan sebuah kondisi yang diperlukan untuk menciptakan tata kehidupan masyarakat Kabupaten Tegal yang harmonis, ayem-tentrem di sekalipun dihadapkan pada tantangan kontestasi politik tahun ini.

Melalui semangat ini, Agustyarsyah berharap selalu terbangun rasa kebersamaan, kegotong-royongan dan optimisme menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan.

“Selain menciptakan tata hubungan antarpihak yang selaras, serasi dan berkesinambungan, harmoni akan memotivasi setiap insan bekerja lebih giat, mampu membangun dan menjalankan usahanya dengan baik di tlatah Tegal ini,” tandasnya.

Adapun rangkaian acara pokok peringatan Hari Jadi ke-423 Kabupaten Tegal Tahun 2024 ini antara lain:

  1. Ziarah ke makam para pendiri Kabupaten Tegal seperti Ki Gede Sebayu, Sunan Amangkurat I, Ki Ageng Hanggawana, dan Pangeran Purbaya yang telah dilaksanakan sebelumnya pada hari Senin (13/05/2024).
  2. Upacara penyerahan Pataka dari Pemerintah Kabupaten Tegal kepada sesepuh keluarga besar Kalisoka hari Rabu (15/05/2024).
  3. Kirab Pataka dari Padepokan Purbaya di Desa Kalisoka ke Monumen GBN Slawi dan selanjutnya menuju Rumah Dinas Wakil Bupati Tegal, Kamis (16/05/2024) mulai pukul 08.30. Adapun jam pelaksanaan kirab ini diralat dari publikasi sebelumnya pukul 13.00 WIB.
  4. Selain mengirab Pataka, secara bersamaan juga berlangsung parade gunungan hasil bumi dari Monumen GBN menuju Rumah Dinas Wakil Bupati, di mana di depan rumah dinasnya sudah disiapkan panggung kehormatan.
  5. Tasyakuran di Rumah Dinas Wakil Bupati Tegal pada hari Jumat (17/05/2024) mulai pukul 15.30.

Kirab Pataka dari Rumah Dinas Wakil Bupati menuju Gedung DPRD Kabupaten Tegal bersama unsur Forkopimda, perangkat daerah, camat dan keluarga besar Kalisoka pada hari Sabtu (18/05/2024) mulai pukul 10.00.

Sejumlah kereta kencana telah siapkan untuk meramaikan iring-iringan ini.
Di tempat dan waktu yang sama, acara dilanjutkan dengan Rapat Paripurna Istimewa DPRD mulai pukul 11.00.

Selanjutnya, akan ada serangkaian acara pendukung Slawi Ageng Expo yang akan dibuka mulai tanggal 22-26 Mei 2024 di Alun-alun Hanggawana Slawi.

Sepanjang event ini akan dimeriahkan kegiatan Semarak UMKM Pantura, moci bareng, jambore wirausaha pemuda, gema dakwah dan doa bersama, pentas drama kolosal, konser musik harmoni dengan bintang tamu Band Ungu, dan senam sehat bersama.

Advertisements

Sedangkan untuk mewadahi masyarakat pencinta olahraga, pihaknya juga menggelar sejumlah turnamen atau kompetisi olahraga di bawah koordinasi Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tegal, antara lain tenis meja dan sepakbola usia dini yang sudah terlaksana sebelumnya, futsal, bulu tangkis, bola volly, dan orienteering.
(Red3/Seni dan Budaya)

Editor : Indah Setiawati

TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 118,410