Gurih, Lezat dan Enaknya Asem Asem Iga Sapi

DIMINATI : Iga sapi bisa dimasak dengan berbagai varian maskaan. Salah satunya dibuat asem-asem iga sapi. Iga sapi banyak diminati oleh semua kalangan, karena rasa dan aromanya yang sangat menggoda sekali. (BeeNews.id/zuhud)

BREBES – Iga sapi bisa dimasak dengan berbagai varian masakan. Salah satunya dibuat asem-asem iga sapi. Iga sapi banyak diminati oleh semua kalangan, karena rasa dan aromanya sangat menggoda sekali.

Asem-asem iga ini juga cocok untuk lauk makan siang maupun makan malam. Apalagi karena cuaca pada malam hari sekarang bisa dibilang dingin, jadi sangat pas nyantap asem-asem iga ini. Dan cara pembuatannya pun sangat mudah. Bisa anda lakukan sendiri dirumah.

Selain dimasak untuk disantap keluarga tercinta, masakan ini juga bisa ditawarkan ke teman-teman atau tetangga yang tidak punya waktu untuk memasak. Jadi memasaknya bisa sekalian dalam porsi besar. Dapat membantu menambah pendapatan keluarga. Berikut bahan yang harus disiapkan dan cara pembuatannya.

Bahan :

  1. 1/2 kg daging sapi bagian kisi, rawonan, iga sapi atau buntut
  2. Air tuk merebus daging dan sisakan air kaldu rebusan daging kira kira 2 liter . .
  3. 2 batang serai geprek
  4. 2 lembar daun salam kering
  5. 4 lembar daun jeruk
  6. 1/2 telunjuk laos
  7. Cabe kecil utuhan secukupnya . . .
  8. 1 buah ukuran sedang tomat hijau / merah, bisa ditambahkan 2 buah belimbing wuluh ukuran sedang atau tingkat keasaman sesuai selera
  9. 1 batang sedang daun bawang, iris sesuai selera
  10. bawang goreng tuk taburan
  11. 4 sdm kecap manis / takaran sesuai selera
  12. 1/4 sdt kunyit bubuk desaku
  13. 1/4 sdt merica bubuk . .
  14. 1/2 sdt ketumbar bubuk desaku
  15. kaldu bubuk dan garam secukupnya

Bumbu iris yang ditumis :

  1. 5 siung bawang putih
  2. 8 siung bawang merah
  3. Cabe hijau besar / cabe merah besar
  4. Cabe kecil secukupnya.

Cara membuat :

  1. Rebus air lalu masukkan daging, masak sekitar 10 menit lalu buang air rebusan dan masak kembali daging menggunakan air rebusan yang baru.
  2. Setelah mendidih kembali masukkan aneka rempah daun, masak di api sedang tidak terlalu besar agar sari kaldu daging bener bener keluar, setelah daging empuk potong sesuai selera dan masak kembali daging.
  3. Masukkan bumbu iris tumis yang udah dibuang minyaknya agar kuah tidak terlalu berminyak, beri merica bubuk, kunyit bubuk, garam, kaldu bubuk, gula merah, irisan cabe besar hijau dan tomat, cabe kecil utuhan, irisan daun bawang, masak kembali lalu koreksi rasa dan angkat.
  4. Siap disajikan.

Selamat mencoba.(Red3/Menu Dapoer).

Editor : Irene Indah

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 115,305