Embun Upas Dieng Muncul lagi, Ini Waktu Terbaik Untuk Melihatnya

FENOMENA : Fenomena embun es kembali terjadi di dataran tinggi Dieng tepatnya di kompleks Candi Arjuna, kemarin Selasa (26/7/2022). (BeeNews.id/doc)

BANJARNEGARA – Embun es atau embun upas merupakan fenomena unik yang bisa dijumpai pada waktu tertentu di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Dilansir dari kompas.com, kemarin, Selasa (26/7/2022), embun es kembali menyelimuti Dataran Tinggi Dieng, seperti disampaikan oleh Kepala UPT Dieng Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara Sri Utami.

“Sudah dijelaskan BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika), terkait dengan fenomena embun selama 2022, embun es atau salju hari ini turunnya di kompleks Candi Arjuna. Untuk saat ini sudah dua hari berturut-turut,” kata Sri.

Ia menjelaskan, saat musim kemarau, pihak pengelola di lapangan melihat fenomena ini antara bulan Juli hingga September, jika berkaca dari tahun sebelumnya. Meski Sri juga menyampaikan bahwa fenomena embun es Dieng tidak dapat diprediksi secara pasti.

Menurut Sri, waktu terbaik untuk melihat embun es di Dieng adalah pada pagi hari, sebelum matahari terbit.

“Pagi tadi suhunya tiga minus satu derajat celsius, ini udah memuai. Seiring matahari terbit, embun beku pun sudah mencair,” kata dia.

Ia melanjutkan bahwa daerah untuk melihat embun es yang juga mudah dicapai wisatawan adalah kompleks Candi Arjuna.

“Kalau yang langsung, subuh sudah ada di situ. Biasanya kalau ada fenomena (embun es), setengah enam pagi. Kalau jam tujuh memang masih (ada), tapi seiring panas matahari, nanti embun itu sudah memuai,” ujarnya.

Bagi wisatawan yang ingin melihat fenomena embun es, dia berpesan agar dapat memperhatikan kondisi cuaca pada malam harinya.

“Biasanya kalau malam hari cuaca cerah, tidak ada angin, pagi harinya akan muncul embun es,” tutur dia.

Advertisements

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa belakangan ini angka kunjungan wisatawan ke Dieng mulai naik. Hal ini karena banyak dari mereka yang berburu embun upas, sejak 30 Juni hingga saat ini.

“Tapi kalau tadi pagi, karena ini hari kerja juga jadi yang menginap tidak banyak, sekitar 20-an orang saja,” ujarnya.

Terakhir, ia memberikan beberapa tips bagi para wisatawan yang berminat untuk berburu embun es. Di antaranya, menyiapkan diri dengan memakai jaket yang tebal, syal, dan sarung tangan.

“Sama cukup makan dan minum, karena Dieng itu dingin sekali pada suhu segitu,” pungkas Sri.
(Red2/Wisata)

Editor : Irene Indah

TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 115,297