DPUPR Kabupaten Tegal Didorong Terapkan Zona Integritas

SIMBOLIS: Serah terima jabatan Kepala DPUPR Kabupaten Tegal Hery Suhartono kepada Sekretaris DPUPR Kabupaten Tegal Teguh Dwijanto, disaksikan secara simbolis oleh Bupati Tegal Umi Azizah, pada Jum’at (14/07/2023) di aula kantor dinas setempat. (BeeNews.id/Listiya Rizky Syafika)

SLAWI – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Tegal diharapkan mampu menerapkan zona integritas sebagai institusi yang bersih dan terbebas dari praktik korupsi dan gratifikasi. Pernyataan ini mengemuka saat berlangsung serah terima jabatan Kepala DPUPR Kabupaten Tegal Hery Suhartono kepada Sekretaris DPUPR Kabupaten Tegal Teguh Dwijanto Rahardjo yang ditunjuk sebagai pelaksana tugasnya (Plt), Jum’at, (14/07/ 2023).

Bertempat di aula kantor dinas setempat, Bupati Tegal Umi Azizah menyampaikan ucapan terima kasih atas dedikasi dan pengabdian Hery selama menjalankan tugasnya sebagai aparatur sipil negara hingga memasuki masa purnanya pada tanggal 30 Juni 2023 lalu.

Hubungan kerjanya yang baik dengan Hery selama menjalankan tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan ke masyarakat dinilainya sangat membantu dalam memberikan masukan dalam perumusan kebijakan dan pengambilan keputusan di bidang pekerjaan umum dan penataan ruang.

“Ini membantu saya dalam merumuskan mengambil keputusan terkait PUPR yang dinamis serta tantangannya yang saya rasa juga tidak mudah,” kata Umi.

Terlebih situasi pandemi memaksa setiap lembaga pemerintahan kala itu melakukan refokusing anggaran untuk menangani bencana kemanusiaan. Dampaknya, program unggulan jalan bebas lubang di Kabupaten Tegal tidak mencapai target. Sehingga kondisi jalan mantap yang semula trend-nya terus naik, sempat menurun di angka 79,37 persen tahun 2022 lalu.

“Mudah-mudahan tahun ini naiknya banyak setelah sebagian jalan rusak di wilayah timur dan pantai utara diperbaiki,” harapnya.

Dinamika lain juga terjadi saat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui monitoring center for prevention merekomendasikan konsolidasi pengadaan barang dan jasa oleh DPUPR. Atas kebijakan ini, pihaknya sempat didemo. Tak terkecuali, pengadaan barang dan jasa melalui e-katalog.

“Memang kalau mau merubah, apalagi itu kultur ya berat tantangannya. Tapi kita harus bisa, kita tidak boleh kalah oleh siapapun yang tidak mau mengikuti aturan main. Tugas kita adalah menghadirkan bangunan infrastruktur yang kokoh, berkualitas dan tahan lama,” tegasnya.

Umi pun berpesan kepada Teguh, Plt Kepala DPUPR, agar segala hal yang sudah berjalan baik, profesional dan sesuai dengan prinsip kerja maupun penganggaran efektif-efisien bisa diteruskan dan ditingkatkan dengan memegang teguh integritas dan core value ASN BerAKHLAK agar semboyan dan semangatnya sama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Saya menantang kepala DPUPR definitif nanti bisa menciptakan lingkungan organisasi ini sebagai zona integritas, wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi yang bersih dan melayani, ” tegasnya.

Advertisements

Di tempat yang sama, Teguh menyampaikan agar jajaran Dinas PUPR Kabupaten Tegal bisa memegang teguh prinsip dan menjalankan tugasnya dengan penuh rasa tanggung jawab.

“Dengan menjalankan amanah yang baru ini, saya berharap bisa bekerja dan meneruskan program yang sudah dikerjakan pak Hery bersama teman-teman di lingkungan DPUPR,” pungkas Teguh.
(Red2/Umum)

Editor: Indah Setiawati

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 119,373