Diluar Ekspektasi, PPDB SMP Negeri 1 Slawi Diserbu 1.138 Pendaftar

GEDUNG : Foto gedung bangunan SMP Negeri 1 Slawi dengan gapura nya yang bagus.(BeeNews.id/Wijaya Kusuma)

SLAWI – Sebanyak 1.138 peserta didik baru mendaftar di SMP Negeri 1 Slawi, padahal kuota penerimaan siswa baru hanya 288 siswa.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Slawi, Mujiati, menyampaikan, ini diluar ekspektasinya. Tahun sebelumnya tidak sebanyak ini.

“Biasanya tidak sebanyak ini, sampai hari ini, pendaftar sudah mencapai 1.138, padahal kuota kita hanya 288,” katanya, Selasa, 2 Juli 2024.

Sebagian besar, menurut Mujiati, pendaftar berasal dari Kecamatan Slawi dan banyak juga yang dari luar yang mendaftar dengan jalur prestasi.

“Mungkin merasa punya nilai bagus, maka jauh pun akan mendaftar kesini, walaupun semua sekolah sekarang dinyatakan sama tapi pada kenyataannya masih menganggap SMP Negeri 1 Slawi sebagai SMP Favorit,” katanya.

Mujiati menjelaskan, dari kuota 288, terdiri dari 4 jalur, yakni, jalur zonasi sebanyak 144 siswa. Kemudian jalur prestasi sebanyak 72 siswa, jalur afirmasi atau yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) sebanyak 58 siswa dan jalur mutasi atau perpindahan orang tua sebanyak 14 siswa.

“Pendaftaran ditutup sampai dengan tanggal 5 Juli 2024 dan pengumuman tanggal 11 Juli 2024,” ungkapnya.

Pada tahap ini, menurut Mujiati, akan ada verifikasi berkas faktual, pada tanggal 6-8 Juli 2024.

“Sekira nanti ada berkas yang meragukan nanti akan kita undang calon siswa bersama orang tuanya untuk membawa berkas asli,” ujarnya.

Terkait masalah zonasi yang banyak diramaikan masyarakat, Mujiati menjelaskan, terkadang yang dekat tidak diterima namun yang jauh bisa diterima karena ada ijasah Madrasah Diniyah Takmiliyah Ulya (MDTU).

Advertisements

“Ijazah MDTU itu ada nilainya mengurangi 1 kilo meter. Lain halnya dengan jalur prestasi, jalur ini harus bisa menunjukkan bukti prestasi berupa piagam.

Lebih lanjut Mujiati mengungkapkan, selain piagam, calon siswa yang memiliki ijasah MDTU juga mendapat nilai tambahnya, piagam MDTU nilainya 10 dan piagam prestasi tingkat kabupaten nilainya 25, berarti dia mempunyai nilai tambahan 35, dan nanti ditambah rata-rata nilai” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Negeri 1 Slawi, Zaki Pratama, menjelaskan, PPDB dibuka sejak tanggal 15 Juni 2024.

Pada tanggal ini peserta didik baru sudah bisa mulai menginput data dan diverifikasi oleh panitia PPDB SMP.

“Aplikasi yang digunakan adalah ppdb.tegalkab.id yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal,” tuturnya.

Aplikasi ini, menurut Zaki, digunakan serentak oleh semua sekolah yang ada di Kabupaten Tegal.

Pihaknya hanya memverifikasi data yang masuk, jika nanti ada kesalahan dalam input data, pihaknya akan menghubungi yang bersangkutan untuk merubah data.

“Untuk zonasi saat ini paling jauh yakni 500 meter dari titik SMP Negeri 1 Slawi, ini masih berkembang hingga tanggal 5 Juli 2024,” tutupnya.
(Red3/Pendidikan)

Editor : Indah Setiawati

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 119,700