Di Limbangan Losari Brebes, Hasil Panen Bandeng Dan Tangkapan Udang Menurun

BERDAMPAK : Puluhan petani tambak bandeng alami yang berada di Desa Limbangan Kecamatan Losari Kabupaten Brebes mengeluh dikarenakan semenjak banyak di pasang bubu (wuwu red) Naga di sepanjang bibir pantai utara losari oleh warga desa lain berdampak tangkapan hasil Udang alami menjadi berkurang.(BeeNews.id/Doc).

BREBES – Seperti yang di alami oleh Ibnu 40 tahun petani tambak bandeng alami yang saat ini mempunyai tambak bandeng dengan luas 8 Hektar mengeluhkan hasil tangkapan udang alami semakin berkurang. Kamis (19/1).

“Semenjak banyak di pasang bubu naga di sepanjang garis pantai pesisir laut utara, udang alami dari laut yang masuk ke tambak sekarang sedikit sehingga saat kami masang udang dari balong hasilnya sangat minim,” ujar Ibnu.

Menurutnya, dari hasil yang Ia dapatkan sebelum adanya pemasangan bubu naga bila dibandingkan dengan saat ini sangat jauh sekali, biasanya dalam satu malam dia beserta petani lainnya bisa mendapatkan udang sekitar 20 kilogram per petani sekarang hanya dapat 1 kilogram itu juga kadang tidak tiap hari dapat.

Ibnu berharap terutama dari Pemkab Brebes dan semua pihak terkait bisa memberikan solusi dari keluhan para petani. Sehingga apa yang di harapkan oleh kami bisa terwujud.

“Harapan kami tolong tertibkan pemasangan wuwu naga di sekitar bibir pantai. Kami juga berharap kepada Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Brebes agar ada bimbingan atau penyuluhan kepada petani tambak bandeng khusunya di Desa Limbangan Losari agar hasil panen ikan bandeng bisa maksimal.” Tegas Ibnu

Menurut Ibnu selama ini hasil panen ikan bandeng yang di peroleh para petani sangat minim tidak sebanding dengan biaya yang di keluarkan untuk pemeliharaan.

Ia juga menyadari bahwa siapapun bebas mencari nafkah di laut tetapi, kami juga kan bayar pajak atas tanah balong tiap tahunnya dan untuk para warga yang memasang bubu naga di bibir pantai apakah juga sama membayar pajak dari hasil yang ia dapat,” jelasnya

Saat ditanyakan bagaimana cara memasang udang alami dari balong Ibnu kembali menjelaskan setiap tambak balong dipasang pintu gunanya untuk sirkulasi dengan begitu bibit udang alami dari laut akan masuk ke dalam balong saat air laut pasang.

“Sedangkan cara yang digunakan untuk mencari udang yakni dengan memakai jaring yang dipasang di pintu sekitar balong, saat air laut surut maka udang yang ada di balong mengalir ke keluar melalui jaring yang dipasang.” Pungkasnya.(Red3/Umum).

Editor : Irene Indah

Advertisements
TAG :, , ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 117,830