Cuma Pake 2 Telur. Resep Brownies Kukus Super Coklat dan Lembut

BROWNIES : Biasanya brownies dibuat dengan cara dipanggang, namun seiring berkembangnya zaman, proses memasak pun semakin berinovasi.(BeeNews.id/ZuhudBudiaji)

TEGAL – Brownies kukus adalah salah satu jenis kue atau cake yang proses membuatnya dengan cara dikukus. Biasanya brownies dibuat dengan cara dipanggang, namun seiring berkembangnya zaman, proses memasak pun semakin berinovasi.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang akan dibagikan untuk membuat brownies kukus yang lembut.

Bahan-bahan:

  • 75 gram coklat batang (3 bar merk Colatta)
  • 75 gram margarin/butter
  • 2 butir telur
  • 75 gram gula pasir
  • ½ sdm SP
  • 45 gram terigu
  • 20 gram susu bubuk
  • ¼ sdt garam
  • 18 gram coklat bubuk
  • ½ sdt baking powder
  • ½ sdt pasta vanilla
  • Keju parut untuk topping

Butter cream simple:

  1. 60 gram margarin/butter
  2. 1 sdm gula halus
  3. 2 sdm kental manis

Cara membuat :

  1. Siapkan loyang ukuran 20 x 7 cm dengan tinggi 7 cm. olesi margarin dan kertas baking atau taburi dengan terigu tipis-tipis.
  2. Siapkan mangkok kaca tahan panas atau bahan stainless steel, masukkan cokelat batang, margarin/butter, letakkan di wajan atau panci berisi air mendidih, tim sambil di aduk-aduk biarkan sampai meleleh dengan sempurna.
  3. setelah meleleh angkat dan sisihkan. Biarkan suhunya hangat terlebih dahulu.
  4. Siapkan wadah, masukkan 2 butir telur, gula pasir, dan SP, kocok dengan menggunakan mixer mulai dari kecepatan rendah bertahap ke kecepatan tinggi hingga putih dan kental kurang lebih 3 menit.
  5. Kalau sudah putih dan kental, ayak bahan kering yaitu tepung terigu, cokelat bubuk, susu bubuk, baking powder, dan garam. Setelah diayak, aduk lipat dengan spatula sebentar saja agar tidak terhambur saat di mixer.
  6. Mixer sebentar hingga rata. Tambahkan pasta vanilla, tuangkan cokelat dan margarin yang sudah dilelehkan.
  7. Aduk hingga tercampur rata dengan Teknik aduk lipat seperti tadi. Pastikan tercammpur rata dan tidak ada yang mengendap di dasar wadah.
  8. Adonan siap untuk dikukus, tuangkan ke dalam loyang, ratakan adonan dan hentak-hentakkan loyang untuk mengurangi gelembung yang besar.
  9. Letakkan loyang ke dalam kukusan yang sudah dipanaskan sebelumnya, tutup dan kukus selama 25-35 menit atau sampai matang.
  10. Tes tusuk untuk kematangannya, jika tusukan bersih tidak ada adonan menempel berarti sudah matang.
  11. Angkat, lalu sisir pinggiran loyang, keluarkan dari loyang dan lepaskan kertas baking. Tunggu hingag suhu turun baru bisa dipotong-potong atau diberi topping.
  12. Untuk topping, siapkan wadah masukkan margarin/butter, tambahkan kental manis dan gula halus. Kocok menggunakan mixer dengan kecepatan rendah terlebih dahulu. Lanjutkan dengan kecepatan tinggi bertahap dan stabil di kecepatan tinggi. Kocok sampai mengembang.
  13. Bantu ratakan dengan spatula, kocok kembali hingga mengembang, ringan dan mengkilap.
  14. Oleskan butter cream keatas brownies, ratakan di seluruh permukaannya, lalu beri parutan keju di atasnya. Potong-potong sesuai selera.
  15. Brownies kukus sudah siap disajikan.

Anda juga bisa menggunakan varian topping lain sesuai selera untuk brownies kukus yang ingin Anda buat.
Selamat mencoba..
(Red3/Menu Dapoer)

Editor : Irene Indah

TAG :,

One thought on “Cuma Pake 2 Telur. Resep Brownies Kukus Super Coklat dan Lembut

Leave a Reply

Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 51,693