Cocok untuk Berendam, Pemandian Air Panas di Kabupaten Semarang.

WISATA : Keindahan alam dan manfaat kesehatan membuat pemandian air panas menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Tak hanya untuk rekreasi, wisata ini akan membuat kulit menjadi lebih sehat.(BeeNews.id/ZuhudBudiaji)

SEMARANG – Kabupaten Semarang memiiki beberapa tempat wisata berupa pemandian air panas. Tempat wisata ini rata-rata berada di daerah pegunungan. Lokasi itu membuat pemandian air panas di Semarang rata-rata memiliki pemandangan yang bisa memanjakan mata.

Keindahan alam dan manfaat kesehatan membuat pemandian air panas menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Tak hanya untuk rekreasi, wisata ini akan membuat kulit menjadi lebih sehat.

Sejumlah penelitian juga menyebutkan berendam di pemandian air panas baik bagi kesehatan. Kandungan belerang dan sulfur di dalamnya bisa membantu pengobatan penyakit kulit.

Berikut ini beberapa tempat wisata pemandian air panas di Kabupaten Semarang yang bisa dikunjungi:

1. Pemandian Air Panas Derekan

Pemandian air panas ini berada di Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang. Lokasinya berada di sekitar situs purbakala Candi Ngempon.

Pemandian air panas itu diduga sudah ada sejak abad VIII. Dulunya, pemandian ini digunakan untuk bersuci oleh keluarga kerajaan sebelum melakukan pemujaan di Candi Ngempon.

Di lokasi tersebut ada beberapa kolam air panas yang digunakan untuk berendam. Selain itu ada juga kolam biasa yang digunakan untuk membilas badan setelah berendam.

2. Pemandian Air Panas Gedong Songo

Pemandian air panas ini berada di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Lokasinya berada tidak jauh dari Candi Gedong Songo. Pemandian ini memiliki kandungan belerang yang cukup tinggi. Hal ini terbukti dengan bau belerang yang cukup menyengat di sekitar lokasi.

Berendam di pemandian ini bisa kembali menghangatkan tubuh setelah seharian berjalan-jalan menikmati kesejukan Candi Gedong Songo.

Advertisements

3. Pemandian Air Panas Nglimut

Pemandian air panas Nglimut ini terletak di lereng Gunung Ungaran. Namun, wilayahnya sudah masuk di Kabupaten Kendal, tepatnya di Desa Nglimut, Kecamatan Boja.

Air panas di pemandian tersebut berasal dari panas bumi Gunung Ungaran. Air yang dikeluarkan mengandung belerang. Seperti pemandian air panas pada umumnya, mandi di pemandian ini juga dipercaya bisa membantu penyembuhan penyakit kulit.

4. Pemandian Air Panas Diwak

Diwak merupakan nama sebuah desa di Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang. Hal itu memuat pemandian air panas yang berada di desa itu memiliki sebutan sebagai pemandian air panas Diwak.

Berbeda dengan pemandian air panas lain yang rata-rata berada jauh dari permukiman, pemandian yang satu ini justru berada di sekitar perkampungan. Lokasinya tidak jauh dari sebuah sungai. Akses menuju pemandian air panas itu juga bisa dijangkau dengan cukup mudah karena berada tidak jauh dari jalan utama Jogja-Semarang.

(Red3/Wisata).

Editor : Irene Indah

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 116,852