Wisata Curug Bengkawah Pemalang, menyuguhkan pemandangan Indah nan Eksotis

KEINDAHAN : Mengabadikan keindahan alam dan Curug Bengkawahnya merupakan hal yang harus kamu lakukan selanjutnya. Biarkan keindahannya dirasakan juga oleh orang lain, hingga mereka yang melihatnya tertarik untuk datang mengunjungi Curug Bengkawah ini.(BeeNews.id/ZuhudBudiaji).

PEMALANG – Curug Bengkawah merupakan salah satu air terjun eksotis yang berada di kawasan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Tengah. Curug Bengkawah sangat direkomendasikan untuk kamu kunjungi untuk mengisi waktu liburan.

Sebelum berkunjung ada baiknya untuk mengetahui lebih banyak mengenai Curug Bengkawah, bukan? Yuk ketahui lebih jauh mengenai Curug Bengkawah melalui ulasan berikut ini!

Lokasinya yang berada tak jauh dari pesawahan serta memiliki keindahan alam yang masih sangat alami. Namanya ialah Curug Bengkawah biasa juga disebut Cubeng. Untuk perjalanan menuju Curug Bengkawah sangat mudah, hal itu dikarenakan banyak petunjuk jalan yang akan mengarahkanmu serta jalan yang dilalui pun sudah bagus.

Setelah kamu merasakan jalan beraspal kemudian kamu akan merasakan jalan yang sudah dibeton, setelah melihat gapura selamat datang kamu akan berada dijalan yang agak sedikit berbatu namun tidak terlalu menganggu.

Kemudian kamu akan memakirkan kendaraan dan melanjutkan perjalanan menuju Curug Bengkawah dengan berjalan kaki. Trekking pertama yang kamu lalui ialah menyusuri jalan di area pematang sawah, kemudian melanjutkan dengan menuruni jalan setapak di tengah hutan dengan jalur yang masih sangat alami.

Pepohonan rindang menemanimu sepanjang jalan. Turunan dan tanjakan yang akan dilewati cukup terjal, berhati-hatilah ketika menapaki jalur trekking tersebut. Jalurnya masih berupa tanah bebatuan, tidak ada pegangan apapun.

Ketika kamu sudah menemukan jalur trekking menurun yang curam, itu artinya perjalananmu akan segera berakhir. Pohon beringin besar akan menyambut kedatanganmu, dan akhirnya keindahan Curug Bengkawah akan segera kamu dapati.

Trekking yang kamu lalui tidak terlalu membutuhkan waktu yang cukup lama, namun hanya karena medan yang dilalui berbatu jadi agak sedikit membuat kita lelah dalam melangkah.

Ketinggian Curug Bengkawah kira-kira mencapai 20 meter, memiliki aliran air yang sangat deras sekali. Saking derasnya air yang dialirkan, hingga dapat menciptakan biasan pelangi di akhir alirannya. Airnya sangat jernih dan bersih, terus mengalir menuju aliran sungai tak jauh dari area Curug Bengkawah. Dibawahnya terdapat sebuah kedung atau kolam alami yang cukup lebar, namun kamu dilarang untuk mendekati kolamnya.

Keindahan alam yang dihadirkan Curug Bengkawah masih sangat asri, hal itu dikarenakan curug ini berada di kawasan yang dilindungi oleh pemerintah hingga siapapun yang merusak alamnya akan dikenai sanksi.

Advertisements

Suasana tenang dan damai ditemani suara deburan air Curug Bengkawah ditambah dengan semilir angin yang menyejukkan membuat badan dan fikiran kamu menjadi lebih tenang.

Mengabadikan keindahan alam dan Curug Bengkawahnya merupakan hal yang harus kamu lakukan selanjutnya. Biarkan keindahannya dirasakan juga oleh orang lain, hingga mereka yang melihatnya tertarik untuk datang mengunjungi Curug Bengkawah ini.

Alamat lengkapnya terletak di Jl. Sikasur Simpur, Desa Sikasur, Kecamatan Belik, Kecamatan Pemalang, Jawa Tengah. Rute menuju Curug Bengkawah jika kamu bergerak dari Pemalang, kamu akan melakukan perjalanan sekitar 35 km dengan estimasi waktu kira-kira 1,5 jam.

Kamu harus melewati Jalur Pantura kemudian arahkan kendaraanmu menuju Randudongkal. Setelah itu lanjutkan menuju Terminal Randudongkal, kemudian setelah menemukan persimpangan jalan belok ke kanan.

Setelah menyusuri jalan yang sudah dibeton kamu akan melihat gapura selamat datang Curug Bengkawah di sebelah kiri. Jalurnya dapat dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat.

Untuk menikmati Curug Bengkawah sangat murah sekali, kamu hanya perlu membayar biaya retribusi sebesar Rp. 5.000,- per orangnya. Jam operasional Curug Bengkawah dibuka setiap hari dimulai pukul 06.00 pagi sampai dengan pukul 18.00 sore.

Waktu yang terbaik untuk menikmati keindahan alamnya ialah ketika pagi hari, dimana udaranya masih sangat segar juga belum banyak pengunjung yang datang.

Juga terdapat fasilitas Curug Bengkawah seperti :

  1. Fasilitas disekitar Curug Bengkawah hanya ada beberapa orang penjual makanan dan minuman
  2. Area parkir yang memadai
  3. Penyewaan peralatan rafting beserta instrukturnya
  4. Kamar mandi umum

Juga ada penginapan terdekat yang ada disekitar Curug Bengkawah berjarak sekitar 2 km jauhnya. Kamu bisa mendapatkan penginapan yang kamu inginkan, dan menghabiskan malammu di Pemalang.(Red3/Wisata)

Editor : Irene Indah

TAG :, ,

Leave a Reply

Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 51,050