Bupati Umi Kukuhkan 80 Anggota Paskibraka Tahun 2023

PEMBINA: Bupati Tegal Umi Azizah bertindak sebagai pembina upacara Pengukuhan Paskibraka Kabupaten Tegal yang dilaksanakan di Pendopo Amangkurat, Rabu (16/08/2023) pagi. (BeeNews.id/Listiya Rizky Syafika)

SLAWI – Bupati Tegal Umi Azizah mengukuhkan 80 orang pelajar sebagai anggota pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) Tahun 2023. Bupati Umi bertindak selaku pembina upacara dalam pengukuhan yang digelar di Pendopo Amangkurat, Rabu (16/08/2023) pagi. Orang nomor satu di Kabupaten Tegal ini pun membacakan pernyataan pengukuhan anggota Paskibraka dan mendoakan kelancaran pelaksanaan tugas negara.

“Selamat bertugas kepada anggota Paskibraka yang telah melalui serangkaian seleksi panjang, dilatih dan ditempa sehingga kalian bisa berdiri tegak hari ini untuk mengawal dan mengibarkan Sang Saka Merah Putih. Semoga diberikan kemudahan dan kelancaran besok saat menjalankan tugas upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI,” pesan Umi.

Pengukuhan Paskibraka ini memiliki makna simbolis sebagai estafet pewarisan kepemimpinan dan pelestarian nilai-nilai semangat perjuangan bangsa kepada generasi muda selaku penerus cita-cita kemerdekaan bangsa.

“Untuk mencapai kemerdekaan republik ini, para pahlawan kita harus berjuang secara fisik dan diplomasi, berkorban harta, jiwa dan raga demi menyatukan nusantara yang terbebas dari belenggu penjajahan,” ujarnya.

Di hadapan anggota Paskibraka dirinya juga meminta agar nilai-nilai perjuangan bangsa harus senantiasa diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Sebagai pelajar, kalian harus mampu menunjukkan keteladanan generasi pembelajar yang berilmu pengetahuan, berprestasi, beriman dan beretika untuk mengajak elemen bangsa bersama-sama memperkukuh pilar-pilar pembangunan sebagai bagian dari pengamalan nilai-nilai Pancasila, nilai-nilai kebaikan serta nilai-nilai kebenaran,” tegasnya.

Di tengah perubahan cepat revolusi industri 4.0 dan persaingan global serta keinginan yang kuat menuju Indonesia Maju, Indonesia Emas 2045, Umi berharap mereka harus memiliki keunggulan secara kualitas, bersikap optimis, pelopor yang berorientasi pada kemajuan dan kebaruan, memiliki tekad untuk memperkuat persatuan serta kesatuan bangsa.

Sementara itu, ditemui usai upacara pengukuhan, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tegal Akhmad Uwes Qoroni menjelaskan anggota Paskibraka ini merupakan hasil seleksi dari 350 pelajar putra dan putri pilihan terbaik dari 35 sekolah SMA, SMK dan MA di Kabupaten Tegal.

“80 pelajar Paskibraka ini merupakan hasil seleksi tingkat kabupaten dari perwakilan sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Tegal. Semuanya warga Kabupaten Tegal,” ujarnya.

Uwes menuturkan seleksi anggota Paskibraka tahun 2023 ini menggunakan sistem terbaru, di mana pelajar terpilih dari masing-masing sekolah mendaftarkan dirinya melalui laman paskibraka.bpip.go.id. Dari sini, mereka diseleksi secara bertahap sejak bulan Maret 2023, mengikuti petunjuk pelaksanaan dari pusat. Adapun tim seleksi terdiri dari unsur TNI, Polri, Purna Paskibraka Indonesia Kabupaten Tegal, Badan Kesbangpol Kabupaten Tegal dan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tegal.

Advertisements

Setelah melalui proses seleksi yang cukup ketat dan transparan, sampai kemudian terpilih menjadi Paskibraka tentunya ini menjadi satu kebanggaan tersendiri bagi pelajar maupun orang tua, termasuk pihak sekolah.

“Pengukuhan ini akan menambah semangat anggota Paskibraka. Memotivasi, memperteguh langkahnya menjalankan tugas negara esok hari. Kami mohon doanya, semoga upacara penaikan dan penurunan bendera bisa berjalan lancar dan sukses,” tandasnya. (Red2/Umum)

Editor: Indah Setiawati

TAG :, , ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 119,386