Bupati Brebes Resmikan Rumah Potong Unggas Brebes

UNGGAS : Ismu Broto, selaku kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Brebes, mengatakan, kerja dari rumah potong hewan jenis unggas terjamin kebersihannya, karena tidak akan ada lalat maupun sentuhan tangan saat proses pemotongan.(BeeNews.id/Zuhud).

BREBES – Pemkab Brebes telah rampung membangun Rumah Potong Unggas (RPU) dengan anggaran pembangunan mencapai Rp. 7,3 miliar dari APBN. Bupati Brebes Idza Priyanti, Rabu (30/11) kemarin, meresmikan bangunan RPU yang bersebelahan dengan Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Modern di Kelurahan Limbangan Wetan Kecamatan/ Kabupaten Brebes.

Bupati Brebes Idza Priyanti mengatakan, dengan selesainya pembangunan RPU ini, maka nantinya Pemkab Brebes akan bekerja sama dengan pihak ketiga untuk melakukan pengelolaan pemotongan hewan unggas.

“Dimana kerjasama ini nantinya ada bagi hasil dengan pemerintah daerah. Semoga kerja sama ini bisa menambah PAD,” kata Idza Priyanti.

Ismu Broto, selaku kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Brebes, mengatakan, kerja dari rumah potong hewan jenis unggas terjamin kebersihannya, karena tidak akan ada lalat maupun sentuhan tangan saat proses pemotongan.

Tidak akan ada lalat dan tidak ada sentuhan tangan, bahkan proses pemotongannya nanti hanya memerlukan waktu 3-5 menit sampai ke freezer,” ujar Ismu Broto.

Menurut Ismu, pihaknya akan melibatkan pihak ketiga termasuk terkait pemasarannya. RPU juga akan menyerap tenaga kerja yang banyak.

Untuk kotorannya bisa dijadikan pupuk, termasuk tulang dan bulu ayam tidak akan dibuang karena semuanya akan dimanfaatkan dengan baik.

“Soal ketersediaan unggas nantinya dari masyarakat. Termasuk pemasarannya oleh pihak ketiga yang akan dikirim sampai ke luar Jawa,” pungkasnya.(Red3/Umum).

Editor : Irene Indah

TAG :, , ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 116,554