Batik Tulis Asal Blitar, Pesanan Khusus Bintang NBA Justin Holiday

BATIK : Pebatik menyelesaikan batik tulis dengan logo klub Indiana Pacers pesanan Justin Holiday di Pusat Batik Mawar Putih di Blitar, Jawa Timur. Pebasket NBA asal klub Indiana Pacers Justin Holiday bekerjasama dengan pebatik asal Blitar Yogi Rosdianta dan Santika untuk memproduksi batik khas Blitar sebagai upaya untuk mempromosikan batik sebagai merchendise kepada para penggemar basket melalui NBA Fashion. (BeeNews.id/doc)

BLITAR – Nama Blitar makin go internasional. Buktinya, bintang NBA Justin Holiday memesan batik tulis khusus dari seorang perajin batik Kota Patria ini.

Dilansir dari detikJatim, sebenarnya pesanan ini bukan keberuntungan. Namun dari hasil kerja keras dan digitalisasi marketing yang dilakukan Yogi Rosdianta dan Santika, owner Batik Mawar Putih.

Dari workshop sekaligus show casenya di Jalan Tanjung 160 Kota Blitar, Yogi mulai mengembangkan bisnis yang dirintis almarhumah ibunya itu tahun 2017.

Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi dikembangkan sayap usahanya go internasional. Dari konvensional menuju digitalisasi proses produksi dan pemasaran.

Sejak tahun 2019, pria 39 tahun ini mulai mencari kolega dan menjalin komunikasi dengan beragam jalur ke luar negeri. Di antaranya kedutaan besar dari berbagai negara dan rekan-rekan bisnis yang dikenalnya lewat platform media sosial.

Usahanya ini membawanya masuk ke manajemen Indiana Pacers, di mana satu di antara bintangnya, Justin Holiday adalah penggemar batik. Pertengahan 2021, Yogi mempresentasikan konsep batik produksinya kepada Indiana Pacers.

“Justin Holiday ini NBA player yang sangat mengagumi batik. Dan Indiana Pacers ini beberapa kali melakukan movement yang bertemakan cross culture. Akhirnya kami saling kontak, saya beberapa kali mengirimkan konsep batik tulis dan akhirnya mereka setuju,” papar Yogi kepada detikJatim, Selasa (8/2/2022).

Batik pesanan Justin Holiday ini, imbuhnya, mengusung konsep motif Indonesia, khususnya khas Jawa Timur. Seperti burung garuda, candi penataran ikon Jatim, jimbe sebagai produksi andalan Blitar dan jaranan beserta pecut atau cambuknya.

Batik ini, pesanan ekseklusif limited edition. Hanya satu lembar berukuran lebih dari tiga meter. Dengan bahan dasar katun primisima atau jenis kain katun grade A.

“Saya juga kasih simbol Indiana Pacers dan inisial Justin Holiday. Ini merupakan batik tulis yang dikerjakan pakai canting. Saat ini mau proses pewarnaan,” imbuhnya.

Advertisements

Yogi menargetkan batik pesanan bintang NBA ini kelar pada pertengahan bulan ini. Karena akhir bulan harus segera dikirimkan, sebelum sesi liga NBA selesai.

Justin Holiday tahun lalu memposting foto dirinya berbaju batik. Postingan di di akun IG @justholla7 dengan caption bintang dan bendera Indonesia itu disukai sebanyak 16.356 netizen dengan jumlah komentar sebanyak 1.381.
(Red2/Fashion)

Editor : Irene Indah

TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 116,559