Arus Balik Lebaran Mulai Terlihat di Jalur Pantura Tegal, Didominasi Pesepeda Motor

KEMACETAN : Kendaraan yang melintas dari arah timur menuju barat atau Jawa Barat dan DKI Jakarta melalui jalur Pantura masih didominasi sepeda motor. (BeeNews.id/ZuhudBudiaji)

TEGAL – Meski belum terlalu padat, namun arus balik kendaraan pemudik yang melintasi jalan arteri Kota Tegal maupun Jalan Lingkar Utara (Jalingkut) Tegal-Brebes sudah mulai terlihat sejak hari Rabu (4/5/2022) pada siang hari.

Kendaraan yang melintas dari arah timur menuju barat atau Jawa Barat dan DKI Jakarta melalui jalur Pantura masih didominasi sepeda motor.

Sepeda motor pemudik terlihat dari barang bawaan, nomor kendaraan, serta pakaian lengkap. Seperti berjaket dan bersepatu yang dikenakan pengendara dan penumpangnya.

Pantauan di lapangan, kendaraan yang baru memasuki Kota Tegal dari arah timur terbelah ke dua jalur. Pertama banyak yang langsungeng lurus melalui Jalingkut tembus ke Wanasari Brebes. Kedua banyak juga kendaraan yang melaui jalur arteri atau Jalan Gajahmada Kota Tegal untuk melewati Brebes kota.

Selain pemudik, tampak juga lalu lalang kendaraan warga yang hendak berwisata maupun mengunjungi sanak keluarga. Yang hendak berwisata di antaranya dengan menaiki kendaraan bak terbuka tujuan Objek Wisata Pantai Alam Indah (PAI).

Salah satu pengendara sepeda motor asal Pemalang, Rasban (34) mengaku kembali ke Jakarta lebih awal untuk kembali berdagang bakso dan mi ayam di perantauan. Menurutnya, momentum libur Lebaran dagangannya biasanya laris diserbu pembeli.

“Saya pulang sudah sejak pertengahan puasa. Sengaja mudik lebih awal dan balik ke Jakarta setelah Lebaran karena biasanya dagangan laris,” kata Rasban, saat ditemui sedang beristirahat sejenak di Jalan Gajah Mada Kota Tegal.

Rasban sendiri berangkat membawa istri dan seorang anaknya. Dengan mengendarai motor matic, ia memilih berjalan santai asal selamat sampai tujuan.

“Pelan-pelan saja. Berangkat dari Petarukan pagi tadi jam 8-an,” ujar Rasban.

Kasatlantas Polres Tegal Kota AKP Aryanindita Bagas Satwika Mangkoesoebroto mengatakan, petugas masih bertugas di lapangan untuk penjagaan arus balik.

Advertisements

“Kesiapan sudah disiapkan. Sarana dan prasarana termasuk personel tim urai kemacetan,” kata Bagas.

Bagas mengatakan, meski terpantau sudah ada arus balik, namun diprediksi puncak arus balik akan terjadi mulai Jumat sampai Minggu. Dia mengimbau supaya pemudik yang hendak kembali ke kota perantauan tetap mengutamakan keselamatan dalam berlalu lintas.

“Tetap berhati-hati, dan sekaligus dipersiapkan dengan baik kendaraan yang akan digunakan,” pungkasnya.
(Red3/Umum).

Editor : Ahmad Wachidin

TAG :,

Leave a Reply

Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 51,622