Inilah Titik Rawan Kemacetan di Brebes Saat Mudik Lebaran 2023

KEMACETAN : Mengantisipasi terjadinya kemacetan dan antrean kendaraan selama arus mudik maupun balik Lebaran 2023, Polres Brebes mulai mengatur skema rekayasa one way dan menyiapkan tim pengurai.(BeeNews.id/Zuhud).

BREBES – Pasar tumpah menjadi salah satu titik rawan kemacetan di Kabupaten Brebes, saat arus mudik lebaran 2023.

Sejumlah titik rawan macet di Kabupaten Brebes, diperkirakan terjadi di ruas jalur Prupuk Bumiayu, tepatnya di sekitar pasar Linggapura dan tanjakan Ciregol Kecamatan Tonjong.

Kapolres Brebes, AKBP Guntur Muhammad Tariq menuturkan, kondisi ruas jalan di jalur Tegal – Purwokerto diperkirakan akan menjadi salah satu titik rawan kemacetan pada arus mudik lebaran 2023.

“Kemacetan diperkirakan terjadi akibat ruas jalan yang tidak sebanding dengan volume kendaraan yang melintas,” kata Guntur, di Aula KPT Brebes, Senin (10/4).

Terlebih, kata Guntur, jalur ini merupakan titik temu kendaraan keluar tol Pejagan dan kendaraan dari arah Tegal yang akan menuju sejumlah daerah seperti Purwokerto dan beberapa daerah lainnya diwilayah Banyumas termasuk daerah Banjarnegara.

Selain membeludaknya kendaraan yang melintas saat arus mudik lebaran berlangsung, kemacetan di ruas jalur selatan ini juga diperkirakan akan diperparah dengan keberadaan pasar tumpah di sekitarLinggapura, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes.

“Pasalnya di lokasi tersebut banyak aktivitas masyarakat menyeberang jalan dan angkutan umum yang berhenti sembarangan, sehingga berpotensi menghambat laju kendaraan dan menjadi pemicu kemacetan, saat arus mudik lebaran,” kata Guntur.

Mengatasi kemacetan parah, saat ini Polres brebes telah menyiapkan tim urai macet dari Satlantas dan Satsabhara di ruas jalan tersebut.

Guntur mengatakan pihaknya juga akan melakukan one way lokal, secara situasional. Namun sebelum diberlakukan one way lokal, polisi akan terlebih dahulu menutup akses jalan menuju titik macet serta menutup kendaraan dari arah Purwokerto.

“Kasatlantas dan Kasat Sabhara telah siap, termasuk semua anggotanya telah kita bekali dengan peralatan untuk mengurai arus ketika terjadi antrian kendaraan di titik-titik rawan macet,” terangnya.

Advertisements

Selain pasar tumpah, menurut Guntur, adanya tanjakan Ciregol juga diperkirakan akan menjadi salah satu titik yang rawan macet.

“Kita akan lakukan one way lokal jika memang terjadi kemacetan, namun satu jam sebelumnya kita akan kunci kendaraan yang berlawanan arah terlebih dahulu untuk mengurai arus,” pungkasnya.(Red3/Umum).

Editor : Irene Indah

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 117,829