Ada 5 Pembangunan yang Diprioritaskan Dalam Musrenbang Kabupaten

DIFOKUSKAN : Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin saat memberikan sambutan saat pelaksanaan Musrenbang tingkat kabupaten, Rabu (29/3) di lantai 5 Gedung KPT Brebes. Ada lima pembangunan yang difokuskan di Kabupaten Brebes yang menjadi prioritas.(BeeNews.id/Zuhud).

BREBES – Pemerintah Kabupaten Brebes gelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang), di lantai 5 Kantor Pemerintahan Terpadu (KPT) Brebes pada Rabu (29/3).

Dalam kegiatan Musrenbang Pemkab Brebes Urip Sihabudin mengatakan, ada lima pembangunan yang difokuskan di Kabupaten Brebes yang menjadi prioritas. Kelima fokus pembangunan tersebut yakni, infrastruktur, penanganan kemiskinan, Sumber Daya Manusia (SDM), Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan Kemandirian Desa.

“Dalam Musrenbang tadi, ada lima fokus pembangunan yang jadi prioritas musrenbang tadi,” ujarnya.

Dalam musrenbang tersebut, permasalahan infrastruktur jalan di Kabupaten Brebes menjadi pembahasan. Sesuai SK Bupati Nomor 600/3578 Tahun 2022 jalan dalam kewenangan kabupaten sebanyak 575 ruas. Atau sepanjang 1.350,531 Kilometer (KM).

Untuk diketahui, Pemkab Brebes melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) bakal mengebut pembangunan infrastruktur di Kabupaten Brebes. Baik itu perbaikan jalan, perbaikan sistem drainase, maupun pembangunan dan renovasi gedung pelayanan.
Pada tahun ini, DPU Brebes bakal gelontorkan lebih dari Rp69,5 miliar untuk pembangunan infrastruktur. Total anggaran itu bersumber dari APBD Brebes, Bantuan Gubernur, dan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat.

Dari total anggaran itu, mayoritas untuk perbaikan jalan. Ada empat ruas peningkatan jalan yang bakal menelan anggaran cukup besar. Sementara ratusan ruas jalan lainnya perbaikannya dengan cara perawatan.

Perbaikan jalan yang bakal menelan anggaran cukup besar di antaranya peningkatan jalan Cikakak-Banjarharjo (DAK) Rp6,8 miliar, peningkatan jalan Kretek-Kaligua (DAK) Rp20,7 miliar, Peningkatan Jalan Poros Dukuh Cilik – Dukuh Kaliwadas Desa Dawuhan Kecamatan Sirampog (Bangub) Rp7,5 miliar.

Ada juga ruas jalan yang akan perbaikannya dengan anggaran Rp1 miliar ke bawah. Dan ada juga 191 paket pekerjaan di Bidang Bina Marga untuk perbaikan jalan dengan nilai di bawah Rp200 juta.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin, Wakil Ketua DPRD Brebes Teguh Wahid Turmudi, Sekda Brebes Djoko Gunawan, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), pejabat Eselon II di lingkungan Pemkab Brebes dan tamu undangan lainnya.(Red3/Umum).

Editor : Irene Indah

Advertisements
TAG :, , ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 116,744