Apakah sudah dicoba, Nonton Siaran TV Digital Tanpa STB

DIGITAL : Sekarang kita bisa menikmati siaran televisi digital tanpa harus menggunakan set-top-box (STB). (BeeNews.id/ZuhudBudiaji)

TEGAL – Di jaman era serba digital seperti sekaarang ini, kita diwajikan untuk bisa menggunakan teknologi yang telah teersedia dimasa sekarang dan masa akan datang. Seperti penggunaan TV Digital. Penghentian siaran TV analog sedang berlangsung dengan tahapan pertama telah dilakukan sejak akhir April lalu. Masyarakat bisa menikmati siaran televisi digital tanpa harus menggunakan set-top-box (STB).

Caranya dengan mengecek apakah perangkat TV di rumah telah mendukung siaran digital atau belum. Lihat pada perangkat apakah sudah ada pilihan DTV atau belum, jika sudah maka bisa menerima siaran televisi digital.

Cara lainnya dengan melihat model TV yang dimiliki dan mencocokannya dengan yang tersedia pada laman Siaran Digital Kominfo. Berikut caranya:

  1. Masuk ke laman https://siarandigital.kominfo.go.id/
  2. Klik menu perangkat TV digital di bagian atas layar.
  3. Akan ada tiga pilihan kategori yakni nama perangkat, merek, dan model/tipe.
  4. Pilih kategori Televisi pada bagian perangkat dan masukkan merek dan model TV yang yang dimiliki.
  5. Nama model TV akan tersedia jika masuk dalam TV digital.

Namun jika TV di rumah tidak mendukung siaran digital, maka perlu membeli STB. Setelah itu colokan perangkat pada TV di rumah.

STB dapat dibeli di sejumlah e-commerce dan toko offline. Harganya mulai dari Rp 150 ribu dan ada juga yang menjual Rp 350 ribu.

Untuk masyarakat miskin tidak perlu membeli STB. Sebab mereka yang tercantum dalam Daftar Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial akan mendapatkannya secara gratis. (Red3/Umum).

Editor : Ahmad Wachidin

TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 116,586