564 Personel Gabungan Disiapkan Selama Operasi Ketupat Candi 2022 di Kabupaten Tegal

OPERASI : Bupati Tegal Umi Azizah didampingi Kapolres Tegal AKBP Arie Prasetya Syafa’at dan Komandan Kodim 0712/Tegal Letkol Inf Charlie Clay Lorando Sondakh lakukan pengecekan personel saat berlangsung Apel Pasukan Operasi Ketupat Candi 2022 di Lapangan Pemkab Tegal, Jumat (22/04/2022). (BeeNews.id/Humas Pemkab Tegal)

SLAWI – Sebanyak 564 personel gabungan disiapkan untuk mendukung pengamanan mudik Lebaran dan perayaan Idul Fitri 1443 hijriah di Kabupaten Tegal. Hal ini terungkap saat selenggarakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi 2022 oleh Polres Tegal di Lapangan Pemkab Tegal, Jumat (22/04/2022) sore.

Apel gelar pasukan yang melibatkan unsur TNI, Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Palang Merah Indonesia (PMI), satuan unit pemadam kebakaran (Damkar), pramuka dan organisasi kepemudaan ini dipimpin langsung Bupati Tegal Umi Azizah.

Dalam sambutannya, Umi membacakan amanat dari Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri). Dikatakan Umi bahwa kegiatan Operasi Ketupat Candi ini akan berlangsung selama 12 hari, mulai tanggal 28 April hingga 9 Mei 2022.

“Adapun tema tahun ini adalah sinergi Polri dengan instansi terkait untuk menjamin masyarakat aman dan sehat dalam perayaan Idul Fitri 1443 hijriah,” kata Umi.

Umi juga menyampaikan bahwa Pemerintah tahun ini memberikan kelonggaran kepada masyarakat untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga. Sehingga, kegiatan mudik tidak dilarang, bahkan tidak dilakukan penyekatan jalur lintasan mudik seperti tahun sebelumnya.

Berdasarkan hasil survei badan Litbang Kemenhub RI, diprediksi sekitar 85,5 juta masyarakat akan melakukan mudik Lebaran. Pergerakan mudik besar-besaran akan terjadi di dua wilayah, yakni Jawa dan Bali.

Sehingga pada operasi ini, Polri akan melibatkan 144.392 personel pengamanan gabungan yang terdiri dari 87.880 personel Polri, 13.287 personel TNI, serta 43.225 personel berasal dari instansi terkait.

Tak hanya itu, Umi juga menyebutkan bahwa fokus pengamanan kegiatan Operasi Ketupat Candi ini akan mencakup seluruh objek seperti masjid, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, stasiun kereta api, bandara dan masih banyak lagi.

“Semoga tugas pengabdian ini bisa dilaksanakan dengan penuh keikhlasan yang itu akan menjadi ladang amal ibadah bapak, ibu sekalian. Selamat bertugas, semoga berjalan lancar tanpa halangan berarti. Selamat menjalankan ibadah puasa dan merayakan Idul Fitri 1443 hijriah,” pesannya.

Di tempat yang sama, Kapolres Tegal AKBP Arie Prasetya Syafa’at menambahkan khusus di Polres Tegal selama kegiatan Operasi Ketupat Candi 2022 ini pihaknya menyiagakan 564 personel gabungan.

Advertisements

Adapun jumlah tersebut meliputi personel Polres Tegal 380 orang, Kodim 0712/Tegal 30 orang, Dinas Perhubungan 30 orang, Linmas 15 orang, Satpol PP 20 orang, Jasa Raharja 4 orang, Damkar 15 personel, Dinas Kesehatan 20 orang, PMI 15 orang, Pertamina 10 orang, Saka Bhayangkara 20 orang, lalu Orari, RAPI dan Senkom 5 orang.

“Kami menyiagakan personel gabungan. Jumlahnya total ada 564 personel. Sedangkan khusus untuk Polres Tegal ada 380 orang personel. Adapun pos pengamanan yang disiapkan selama Operasi Ketupat Candi ini ada 11 pos yang terbagi menjadi tiga, yaitu satu pos terpadu, lima pos pelayanan, dan lima pos pengamanan,” pungkasnya.
(Red2/Umum)

Editor : Irene Indah

TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 115,303