5 Perbedaan Antara Smart TV dan Android TV yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli

FITUR : Smart TV dan Android TV memiliki beberapa perbedaan penting yang perlu diketahui. Meskipun harganya relatif tidak jauh berbeda, Android TV menawarkan fitur yang lebih luas, sementara Smart TV mungkin lebih mudah digunakan dan sederhana.(BeeNews.id/Wildan Rizkiyadi)

JAKARTA – Banyak calon pembeli sering bingung membedakan antara Smart TV dan Android TV karena kemiripannya.

Perlu diketahui bahwa Android TV sebenarnya adalah bagian dari Smart TV. Namun, tidak semua Smart TV adalah Android TV.

Agar tidak bingung, mari kita kenali lebih dalam perbedaan antara kedua jenis televisi ini.

1. Sistem Operasi.

Perbedaan utama antara Smart TV dan Android TV terletak pada sistem operasinya. Smart TV biasanya menggunakan berbagai sistem operasi yang berbeda-beda tergantung merek pabrikannya.

Contohnya, Smart TV dari SAMSUNG menggunakan Tizen OS, sedangkan Smart TV LG menggunakan WebOS. Di sisi lain, Android TV menggunakan sistem operasi Android yang dikembangkan oleh Google. Hal ini membuat Android TV lebih kompatibel dengan perangkat lain seperti ponsel dan smartwatch yang juga menggunakan Android.

2. Dukungan Aplikasi.

Android TV memiliki keunggulan dalam hal dukungan aplikasi karena bisa mengakses Google Play Store. Ini memungkinkan pengguna mengunduh berbagai aplikasi seperti Netflix, Amazon Prime, Spotify, dan YouTube.

Sebaliknya, Smart TV umumnya hanya menawarkan beberapa aplikasi populer yang telah disediakan oleh pabrikan.

3.Pembaruan Sistem.

Android TV lebih sering mendapatkan pembaruan sistem dan aplikasi karena dukungan dari Google dan para pengembang aplikasi. Sementara itu, pembaruan untuk Smart TV hanya tersedia jika disediakan oleh pabrikan, yang bisa menyebabkan sistem operasi dan aplikasi menjadi usang.

4.Voice Assistant.

Kedua jenis TV mendukung fitur Voice Assistant atau kontrol suara. Namun, pada Android TV, fitur ini sudah terintegrasi secara default. Sementara itu, beberapa Smart TV membutuhkan perangkat tambahan untuk mengakses Voice Assistant.

Voice Assistant memudahkan pengguna mengontrol TV dengan perintah suara, seperti mengganti saluran atau menyesuaikan volume.

Advertisements

5. Mirroring dan Transmisi Layar.

Android TV memudahkan proses mirroring dengan Chromecast, yang memungkinkan pengguna menampilkan layar ponsel ke TV. Beberapa Smart TV, sebaliknya, sering kali memerlukan langkah yang lebih rumit untuk melakukan transmisi layar.

Demikian 5 perbedaan antara Smart TV dan Android TV. Semoga dapat membantu dalam menentukan pilihan yang terbaik sesuai dengan kebutuhan.
(Red1/Wildan Rizkiyadi)

Editor : Indah Setiawati

TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 118,409