1.000 Paket Bansos Diberikan Pj Gubernur Jateng Bagi Wara Brebes

BANTUAN : Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana menyerahkan 1.000 paket bantuan pangan kepada warga kurang mampu di Kabupaten Brebes.(Beenews.id/zuhud)

BREBES – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kirim bantuan pangan untuk seribu warga miskin Kabupaten Brebes yang belum mendapat bansos beras dari pemerintah pusat.

Secara simbolis bantuan tersebut diserahkan oleh Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana kepada warga di SMK Negeri 1 Tonjong Kabupaten Brebes, Kamis (25/1) sore.

“Ada 1.000 paket yang kami berikan. Per keluarga kami berikan bantuan 10 kg beras dan 5 mie Mocaf (olahan),” kata Nana,

Total ada sebanyak 10 ton beras dan 5.000 bungkus mie mocaf yang diberikan kepada warga. Bantuan itu diserahkan kepada warga Kecamatan Tonjong, Kecamatan Bumiayu, dan Kecamatan Songgom.

Dia mengatakan, bantuan tersebut digelontorkan Pemprov Jateng untuk menjangkau masyarakat miskin, khususnya angka kemiskinan ekstrem.

“Kami menyisir masyarakat yang benar-benar membutuhkan, mana saja kelompok yang belum mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat,” jelasnya.

Dengan tujuan pemberian bantuan tersebut antara lain untuk mengurangi beban pengeluaran masyarakat miskin, menurunkan stunting dan mengendalikan laju inflasi. Selain itu, juga menjadi salah satu upaya dalam menurunkan angka kemiskinan yang masih tinggi di Kabupaten Brebes.

Nana menyampaikan, angka kemiskinan Jawa Tengah pada 2023 masih pada posisi 10,77 persen. Sementara untuk kemiskinan ekstrem per Desember 2023 sebanyak 1,1 persen.

Kabupaten Brebes masuk dalam 16 kabupaten prioritas di Jawa Tengah dengan angka kemiskinan ekstrem yang tinggi. Oleh karena itu, berbagai intervensi dari Pemprov Jateng untuk menurunkan angka kemiskinan dan kemiskinan ekstrem. Antara lain dengan memberikan bantuan pangan, pembuatan jamban, pembangunan SPAM, bantuan rumah tak layak huni (RTLH), dan sebagainya.(Red3/Umum)

Editor : Irene Indah

Advertisements
TAG :, , ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 119,373