Warga Pesurungan Kidul Tegal Menggelar Tabligh Akbar dan Sedekah Bumi

SEDEKAH : Terlihat warga pesurungan kidul tengah mengarak gunungan sedekah bumi untuk diperebutkan warga sekita.(Beenews.id/doc).

TEGAL – Kelurahan Pesurungan Kidul, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, Minggu (6/8), mengelar tabligh akbar dan sedekah bumi.

Kegiatan tersebut menjadi salah satu upaya pemerintah kelurahan untuk menjaga dan melestarikan tradisi budaya.

Karena itu, pada pelaksanaan tahun ini disambut antusias oleh seluruh warga Kelurahan Pesurungan Kidul.

Dalam kegiatan, sebelum arak-arakan sedekah bumi dilakukan, kegiatan diawali dengan tahlil massal dan khotmil quran yang ayat-ayatnya didoakan pada ancak gunungan buah serta sayuran sedekah bumi.

Kemudian dilanjutkan dengan tausyiah yang disampaikan oleh Rais Syuriah PBNU KH Subkhan Ma’mun.

Setelah semua dilakukan, dilanjutkan dengan arak-arakan dengan membawa ancak gunungan buah dan sayuran yang dimulai dari Makam Kamboja hingga titik terakhir di halaman Kantor Kelurahan Pesurungan Kidul.

Setelah sampai ancak gunungan buah dan sayur tersebut diperebutkan warga.

“Kami warga Peskid mengadakan hari besar sedekah bumi yang diisi dengan arak-arakan gunungan buah dan sayur yang dibawa ketua RT dan RW. Hal itu sebagai bentuk pelayanan kepada warga, sebab pejabat yang paling bawah melayani masyarakat,” kata Lurah Pesurungan Kidul Johan Arafat.

Kegiatan tersebut dijadikan monumen pelestarian adat di Pesurungan Kidul. Dan sedekah bumi itu sebagai ruwatan. Sehingga setiap tahun akan terus diadakan.

“Sedekah bumi, khotmil quran dan tahlil massal tersebut jadi agenda tahunan,” pungkasnya.(Red3/Seni&Budaya).

Advertisements

Editor : Irene Indah

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 119,549