Warga Berebut Gunungan Tumpengan Pada Tradisi Ruat Bumi di Desa Bangsri

KERAMAT : Tumpengan yang berisikan hasil bumi yang menggunung ludes diserbu warga. Sejak pagi, ribuan warga memadati lokasi sumur tamtu, sumur yang berada ditengah sawah dan dianggap keramat bagi warga sekitar untuk berebut tumpeng yang sebelumnya diarak keliling kampung.(BeeNews.id/Doc).

BREBES – Gelaran sedekah bumi di Desa Bangsri Bulakamba Brebes berjalan meriah setelaht vakum 2 tahun akibat pandemi Covid-19, Minggu (25/9).

Tumpengan yang berisikan hasil bumi yang menggunung ludes diserbu warga. Sejak pagi, ribuan warga memadati lokasi sumur tamtu, sumur yang berada ditengah sawah dan dianggap keramat bagi warga sekitar untuk berebut tumpeng yang sebelumnya diarak keliling kampung.

Pentas wayang golek bertabuh disudut lokasi sumur tamtu yang berada di area tengah sawah disudut desa tersebut.

Atmo Tansidik selaku tokoh budayawan Brebes turut menghadiri acara kirab budaya sumur tamtu yang bertemakan “Merawat Bumi Meruat Tradisi”, Dukuh Sidaon Desa Bangsri Brebes.

Kepala Desa Bangsri, Muhson menjelaskan, jika acara sedekah bumi diisi istigosah dan kirab budaya.

“Sedekah bumi ini biasanya kami gelar tiap tahun, namun dua tahun sebelumnya lantaran pandemi, sempat vakum. Tahun ini kami gelar dengan meriah melalui rangkain budaya dan karnaval, kami berharap acara ini selain nguri nguri budaya juga sekaligus menegenalkan bahwa desa bangsri merupakan desa sejarah dimana adanya sumur tamtu dan petilasan nyai ronggeng,” kata Muhson.

Atmo Tansidik yang turut hadir menerangkan, sejarah sumur tamtu dalam beberapa versi menjelaskan jika sumur tamtu merupakan peninggalan Mbah Rubi.

“Beliau adalah tokoh spiritualnya Bupati, dimana dalam sejarahnya mbah rubi membuat sumur untuk tempat wudhu ataupaun keperluan lain, seperti tokoh tokoh sejarah lain yang ada,” jelasnya.

Wasrudin selaku panitia menuturkan, sedekah bumi merupakan tradisi tahunan di Desa Bangsri yang diisi dengan seni budaya wayang dan karnaval.

Ia mengatakan, acara tersebut sebagi bentuk syukur atas apa yang di berikan tuhan, dan sebagai bentuk nguri-nguri budaya.(Red3/Seni&Budaya)

Advertisements

Editor : Irene Indah

TAG :, , ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 115,315