Trofi MotoGP 2022 Karya Perajin Asal Bali

TROFI : Presiden Joko Widodo saat memberikan trofi kepada juara pertama gelaran MotoGP 2022, Miguel Oliveira di Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu, (20/3/2022). (BeeNews.id/doc)

JAKARTA – Perhelatan MotoGP Mandalika 2022 akhirnya usai digelar pada Minggu, (20/3/2022) ditutup dengan penyerahan trofi juara pertama oleh Presiden Joko Widodo.

Miquel Oliviera dari KTM Redbull tampil sebagai juara di kelas MotoGP, kemudian ada Fabio Quartararo di posisi kedua dan Johann Zarco juara tiga, para juara ajang balap motor ini mendapatkan penghargaan berupa trofi.

Trofi-trofi MotoGP tersebut merupakan hasil karya seniaman di Tuksedo Studio, Gianyar, Bali.

Dilansir dari fimela.com, Tuksedo Studio sendiri bergerak di bidang otomotif, tepatnya dalam pembuatan mobil balap klasik. Sang pemimpin, Gusti Handoko menceritakan awal mula keterlibatan Tuksedo Studio untuk memproduksi trofi MotoGP Mandalika 2022 diawali oleh ketua IMI yang memperkenalkan karya mereka ke pihak ITDC dan MGPA.

“Sebenarnya ini tantangan banget buat kami. Awalnya dari Pak Bambang Soesatyo ketua IMI yang memperkenalkan karya kami ke pihak ITDC dan MGPA. Nah, ternyata setelah kami sodorkan desainnya, pihak Dorna Sports setuju,” kata Gusti, dikutip dari Bola.com.

Gusti menerangkan, sebenarnya Tuksedo Studio bukan pembuat trofi, namun mereka memang memiliki pengalaman dalam pembuatan metal. Sebelumnya Tuksedo Studio telah membuat piala untuk WSBK Mandalika pada November tahun lalu, kemudian berlanjut di MotoGP Mandalika 2022.

“Core bisnis kami membuat mobil klasik secara handmade walaupun hitungannya baru. Alhamdulillah tahun lalu di WSBK kami dipercaya untuk pengadaan piala baik desain maupun kualitas produk. Nah berlanjut di MotoGP Mandalika,” ujarnya.

Trofi-trofi yang dipersiapkan Tuksedo Studio itu desainnya terinspirasi dari obor yang melambangkan tongkat estafet di Olimpiade. Alasan dibalik pemilihan desain ini adalah sebagai event pertama di tahun 2022, kesuksesan MotoGP Mandalika diharapkan diteruskan.

“Lalu api melambangkan kompetisi, apalagi setelah pandemi MotoGP membangkitkan ekonomi kreatif dan turis. Siluet pola sirkuit menjadi syarat dan pola desain utama.” terang Gusti.

Selain itu, Gusti menambahkan trofi-trofi berbahan alumunium ini memiliki corak batik agar penerimanya selalu ingat pada Indonesia.

Advertisements

“Tentunya ada corak batik di piala dan case-nya, ini penghargaan buat para pembalap dan dari bahan, piala mudah dibawa, terlindungi dan pastinya mengingatkan akan Indonesia. Bahan alumunium itu ringan cenderung dipakai kendaraan berkecepatan tinggi, jadi ya biar lebih simbolik aja.”tutur Gusti.

Total trofi yang diproduksi oleh Tuksedo Studio untuk MotoGP Mandalika 2022 adalah sebanyak 18 trofi. Yang terdiri dari trofi untuk MotoGP, Moto2, Moto3 dan Asia Talent Cup.

Adapun waktu pengerjaan trofi ini, kata Gusti. Terbilang cukup singkat yaitu hanya 2minggu saja.
(Red2/Hasil Karya)

Editor : Irene Indah

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 119,700