Tips Naik Gunung Telomoyo Agar Dapat Menikmati Pemandangan Bak Negeri di atas Awan

AWAN: Keindahan puncak Gunung Telomoyo bak negeri di atas awan ini ternyata bisa kita lihat hanya dengan menaiki sepeda motor. (BeeNews.id/Listiya Rizky Syafika)

MAGELANG – Bagi kalian pecinta alam pasti sudah tak asing dengan Gunung Telomoyo. Gunung ini terletak di Desa Pandean, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Akhir-akhir ini Gunung Telomoyo cukup ramai diperbincangkan oleh netizen loh. Pasalnya kita dapat melihat view yang cantik tanpa harus bersusah payah mendaki.

Iya, kita hanya perlu mengendarai sepeda motor saja untuk dapat menikmati pemandangan di puncak Gunung Telomoyo yang bagaikan negeri di atas awan.

Tetapi untuk menikmati keindahan negeri di atas awan tersebut tentu tidaklah mudah. Kalian perlu memiliki pengetahuan dan persiapan yang matang agar nantinya tidak kecewa.

Apa saja sih yang perlu dipersiapkan untuk bepergian ke Gunung Telomoyo? Berikut tips supaya kalian bisa melihat pemandangan indah di Gunung Telomoyo:

1. Ketahui waktu jika ingin melihat sunrise.

Jalur menuju puncak Gunung Telomoyo bisa diakses dari Desa Sepakung, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang.
Dianjurkan pengunjung yang ingin mengejar sunrise untuk tiba di puncak pada pukul 05:00 WIB.

2. Ketahui bulan-bulan terbaik.

Banyak orang mengakui, bulan terbaik untuk menikmati pemandangan di Telomoyo adalah sekitar bulan Juli hingga September.

3. Siapkan sejumlah uang.

Seperti halnya di tempat wisata lain, untuk menikmati pemandangan Gunung Telomoyo kita harus membeli tiket seharga Rp15.000 yang bisa di pos masuk yang berjarak 5 kilometer dari puncak.
Bagi kalian yang menggunakan mobil, bisa diparkir di pos sebab dari pos Sepakung mobil belum bisa naik hingga ke puncak. Tetapi jika dari jalur Magelang, pengunjung bisa menyewa mobil jip yang bisa dinaiki secara rombongan.
Sebelum sampai puncak, pengunjung bisa naik ke anjungan Telomoyo dengan tiket Rp10.000. Ketika sampai di puncak pengunjung bisa menikmati aneka makanan dan minuman di 37 lapak yang tersedia.

4. Siapkan kendaraan dan ketahui medan.

Pengunjung yang menaiki sepeda motor harus lebih berhati-hati dan selalu waspada karena kondisi jalanan di Gunung Telomoyo terhitung curam. Alangkah baiknya jika pengunjung secara berkala berhenti di rest area yang disediakan, cek kondisi motor terutama rem sebelum melanjutkan perjalanan. Hal itu diperlukan sebagai antisipasi agarr tidak ada kecelakaan.
(Red2/Wisata)

Editor: Indah Setiawati

Advertisements
TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 121,218