Keindahan Surga Tersembunyi di Temanggung, Curug Surodipo

LOKASI : Curug Surodipo berlokasi di Desa Tawangsari, Kecamatan Wonoboyo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. (BeeNews.id/Yohanes Slamet Wijanarko)

TEMANGGUNG – Rutinitas pekerjaan sehari-hari yang padat seringkali menimbulkan perasaan jenuh. Pada saat itulah refresing ke tempat wisata alam yang asru dan hijau sangat dibutuhkan. Supaya rasa penat dan lelah dapat hilang.

Salah satu tempat wisata alam yang indah adalah Curug Surodipo. Curug Surodipo merupakan tempat wisata air terjun yang tersembunyi. Terletak diantara perbukitan dengan ketinggian kurang lebih 1.200 meter dari permukaan laut.

Curug Surodipo berlokasi di Desa Tawangsari, Kecamatan Wonoboyo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Jarak dari pusat kota sekitar 28 km, dan dapat ditempuh dalam waktu 50 menit perjalanan. Jam operasional wisata mulai pukul 08.00-16.00 WIB, buka setiap hari.

Pengunjung dapat menikmati udara segar dan keindahan alam di sekitar air terjun yang sangat menakjubkan. Di antara bukit hijau yang menjulang tinggi terdapat aliran air jernih yang menyegarkan.

Meskipun terbilang tinggi air terjun ini mempunyai aliran yang tidak menimbulkan arus besar karena air turun melalui bebatuan terlebih dahulu. Kolam alaminya juga tidak begitu lebar, ditambah berbagai ukuran bebatuan menghiasi sekitarnya.

Air terjun Curug Surodipo ini memiliki lima tingkatan dengan masing-masing ukuran berbeda. Tingkatan curug yang pertama memiliki tinggi sekitar 120 meter, curug kedua 10 meter, kemudian tiga dan empat sekitar 40 meter, serta tingkat kelima 50 meter. Jarak antara air terjun satu dengan yang lain kurang lebih 50 meter.

Curug yang menjadi favorit pengunjung adalah curug tingkat pertama, dikarenakan akses menuju curug lebih mudah. Sementara tingkatan curug lain aksesnya cukup ekstrem, sehingga harus didampingi oleh pemandu.

Fasilitas wisata yang tersedia antara lainarea parkir, warung makanan serta minuman, Taman Bunga, Gazebo, Spot berkemah dan kamar mandi umum. Harga tiket masuk Rp 4.000 per orang.

Apabila pengunjung ingin berkemah dikenakan biaya Rp 15.000 per orang sudah termasuk tiket masuk. Beberapa persewaan Tenda dapat dipilih pengunjung mulai dari harga Rp 50.000 sampai dengan Rp 70.000. Apabila pengunjung datang bersama rombongan dan ingin menyewa Pemandu Wisata Lokal dikenakan tarif sewa Rp 100.000.

“Udara di sini sangat segar, pemandangannya juga indah serta airnya sangat sejuk. Benar – benar surga yang tersembuyi,” kata Shinta salah satu wisatawan lokal.
(Red1/Wisata)

Advertisements

Kontributor BeeNews Wilayah Jawa Tengah : Yohanes Slamet Wijanarko.

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 119,701