Tips Mudah dalam Membatasi Anak Bermain Gadget

RISIKO : Penggunaan gawai memang mampu memberikan banyak manfaat dan kemudahan mengakses berbagai informasi. Meski begitu, di balik beragam manfaat tersebut tetap ada risiko yang perlu diwaspadai, terlebih pada anak, inilah mengapa perlu ada batasan penggunaan gadget untuk balita. (BeeNews.id/Nur Hayati)

TEGAL – Media bermain anak kini sudah mengikuti perkembangan zaman, jika dulu media bermainnya adalah boneka dan alat masak, kini mereka lebih suka memainkannya dilayar ponsel atau gadget dengan beragam aplikasi permainan yang ada didalamnya. Jika dilakukan dalam waktu terntentu, bermain melalui ponsel tidak menjadi masalah, namun hal ini dapat menyebabkan candu.

Anak yang sering bermain ponsel dan gadget akan sulit lepas dari gadgetnya dan apabila tidak disikapi, maka kebiasaan tersebut dapat berdampak buruk bagi kesehatan anak. Oleh karena itu, orangtua perlu tahu cara yang tepat untuk membatasi anak bermain gadget.

Pasalnya kebiasaan ini akan menyebabkan anak menjadi malas belajar dan bahkan penglihatannya bisa menjadi terganggu akibat terlalu lama menatap layar. Terlalu sering bermain gadget juga tidak baik untuk kepribadiannya karena hal ini bisa membuat anak menjadi lebih individual.

Untuk itu, para orangtua perlu tahu cara yag tepat untuk mengatasinya. Beberapa tips mudah dalam membatasi anak bermain gadget. Tips ini bisa diterapkan secara langsung dalam kehidupan sehari-hari agar anak tidak kecanduan gadget.

Yang pertama dengan memberinya nasihat serta pengetahuan bahwa bermain gadget terlalu sering bisa menyebakan kecanduan dan akan berdampak buruk bagi anak, yang kedua dengan mengatur jadwal bermainnya agar anak tidak terlalu sering bermain gadget dan tetap bisa fokus belajar tanpa perlu takut terganggu

Yang ketiga dengan memberi contoh dari perilaku orangtua terhadap anaknya, sebagai agen sosialisasi yang pertama, anak akan mengalami proses ‘meniru’ dari perilaku orangtua. Maka dari itu, jika orangtua menginginkan agar anak bisa berhenti atau mengurangi penggunaan gadget, orangtua perlu mencontohkannya terlebih dahulu.

Yang keempat, tips mudah berikutnya yang bisa diterapkan oleh orangtua untuk membatasi anak dalam bermain gadget ialah dengan mengajak anak bermain diluar rumah. Pastinya mengajak anak bermain diluar rumah dan bisa bersosialisasi jauh lebih baik daripada ia menghabiskan waktunya seharian di runah dengan bermain gadget

Terakhir, dengan mengajaknya bermain bersama teman sebayanya, bisa jadi anak sering bermain gadget karena ia jarang bermain bersama temannya. Oleh karena itu, biarkan anak bermain bersama teman sebayanya agar bisa melupakan gadget.

Bermain bersama teman sebaya pastinya akan memberikan banyak manfaat, selain mempererat tali pertemanan, kepekaan sosial anak juga bisa terasah dengan bermain dan berinteraksi bersama anak yang seumuran dengannya.
(Red2/Psikologi)

Editor : Irene Indah

Advertisements
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 122,298