Tips Menjaga Stamina Saat Berpuasa Di Masa Pandemi

STAMINA : Menjaga stamina dan daya tahan tubuh saat berpuasa sangat penting dilakukan agar ibadah dan aktivitas bisa berjalan lancar. (BeeNews.id/doc)

TEGAL – Bagi setiap umat muslim, berpuasa pada bulan ramadhan hukumnya wajib, yakni menahan lapar dan haus karena tidak makan dan minum selama kurang lebih 13 jam. Tentu ini menjadi tantangan tersendiri bagi kamu yang aktif bekerja.

Bahkan tidak sedikit yang merasa lemas dan tidak bersemangat melakukan aktivitas saat berpuasa, tentu hal ini tidak baik untuk kinerja kamu di tempat kerja. Menjaga stamina tetap terjaga saat berpuasa ini sangat penting.

Ada banyak cara menjaga stamina saat puasa, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang tepat pada saat sahur. Berikut ini tips menjaga stamina tubuh tetap baik saat berpuasa :

1. Konsumsi karbohidrat kompleks

Alih-alih makan nasi sepiring penuh saat puasa, justru dampaknya bisa membuat gula darah naik dan menimbulkan rasa kantuk sepanjang hari. Lebih baik batasi asupan nasi atau ganti dengan menu karbohidrat komplek seperti roti gandum atau nasi merah.

Mengonsumsi karbohidrat kompleks tak hanya memberikan rasa kenyang lebih lama, tapi juga mengandung serat tinggi yang dapat mengatur pelepasan energi secara bertahap selama puasa.

2. Minum air yang cukup

Selama berpuasa, kita tidak dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh sesuka hati. Manfaatkan waktu makan sahur untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh tersebut.

Caranya bisa dengan minum air putih satu gelas sebelum makan dan setelah makan sahur atau bisa juga dengan mengonsumsi buah-buahan yang tinggi kandungan air, vitamin dan mineral, magnesium, potasion hingga kalium.

Beberapa buah yang dapat dikonsumsi saat sahur dan menambah stamina saat puasa di antaranya jeruk, pisang, alpukat, buah pir dan sebagainya. Tak cuma itu, mengonsumsi makanan berkuah seperti sup juga dapat membantu menghidrasi tubuh dan memberi energi tambahan untuk menjalani ibadah puasa.

3. Konsumsi makanan kaya protein

Makanan kaya protein layak untuk menjadi menu utama saat makan sahur. Makanan yang tinggi protein dapat membantu tubuh untuk memecah asam amino yang membuat otot menjadi lebih bertenaga dan melancarkan sirkulasi darah.

Sejumlah makanan tinggi protein tersebut di antaranya adalah daging, telur, ikan, tempe, tahu dan kacang-kacangan.

Advertisements

4. Perhatikan kandungan zat gizi pada makanan

Tubuh mengalami kekurangan zat besi secara signifikan selama berpuasa. Kondisi tersebut perlu segera diantisipasi, terutama bagi orang yang memiliki riwayat anemia atau kekurangan darah.

Memenuhi asupan zat besi harian dapat membantu tubuh agar tidak lemas selama berpuasa. Sejumlah makanan kaya zat besi pun cukup mudah ditemui, yakni ati ayam, sayur bayam hingga sayur daun singkong.

5. Minum susu bisa membantu agar tubuh tidak lemas

Konsumsi susu sudah terbukti menjadi minuman sehat dengan kandungan gizi yang lengkap. Selain mengandung banyak vitamin dan mineral, susu juga sumber kalsium yang tinggi.

Kalsium ini dapat menunjang tubuh untuk memiliki tulang yang kuat dan sehat. Jika tubuh intoleran terhadap produk susu, tak ada salahnya untuk mengganti dengan susu kedelai yang kaya protein.

(Red2/Umum)

Editor : Irene Indah

TAG :,

Leave a Reply

Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 51,792